Rute penerbangan Sampit-Surabaya ditiadakan sementara

id bandara haji asan sampit, rute penerbangan sampit-surabaya ditiadakan, kotim, kotawaringin timur

Rute penerbangan Sampit-Surabaya ditiadakan sementara

Suasana gerbang keberangkatan di Bandara Haji Asan Sampit, Senin (1/7/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Rute penerbangan Sampit-Surabaya di Bandara Haji Asan Sampit ditiadakan sementara karena ada maintenance atau proses perawatan pesawat, hal ini pun dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Rody Kamislam.
 
“Memang ada informasi itu masuk ke kami, karena saat ini mereka sedang maintenance. Kita juga tidak bisa memaksakan pesawat untuk beroperasi kalau sudah saatnya maintenance,” kata Rody di Sampit, Selasa.
 
Selama ini hanya ada dua rute penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit, yakni rute Sampit-Jakarta dari Maskapai Nam Air dan rute Sampit-Surabaya dari Maskapai Wings Air. 
 
Namun, karena rute Sampit-Surabaya ditiadakan sementara, artinya hanya tersisa satu rute di bandara satu-satunya di Kotim tersebut.
 
Rody menyampaikan, pihaknya memaklumi kebijakan dari pihak maskapai untuk menghentikan sementara operasional pesawat yang sedang dalam proses maintenance, karena hal ini sangat penting untuk menjamin keselamatan penerbangan.
 
Namun, di sisi lain dengan adanya kebijakan ini membuat mobilitas masyarakat yang menggunakan rute tersebut terganggu. Oleh sebab itu, Bupati Kotim Halikinnor telah menyurati pihak operator penerbangan atau maskapai agar bisa memberikan solusi.
 
“Bupati sudah menyurati pihak Wings Air selaku operator penerbangan untuk rute tersebut, kita berharap pihak maskapai bisa mencari pengganti untuk pesawat yang sedang maintenance dan saat ini sedang diusahakan,” terangnya.
 
Kendati demikian, ia menyampaikan, pesawat dengan tipe yang sama dengan yang digunakan Wings Airs selama ini, baik itu Boeing 737-500 maupun ATR 72-500 jumlahnya sangat terbatas di Indonesia, sehingga potensi untuk mendapatkan pesawat pengganti kecil.
 
Di sisi lain, kondisi Bandara Haji Asan Sampit belum memadai untuk didarati pesawat berbadan besar. Dalam hal ini, Rody menegaskan untuk menjalankan moda transportasi yang menjadi pertimbangan bukan hanya tentang banyaknya jumlah penumpang atau permintaan masyarakat, tapi ada berbagai faktor lainnya dan salah satu yang paling vital adalah keselamatan.
 
“Kalau sarana prasarananya belum memadai, maka tidak bisa kita paksakan. Dan saat ini sarana prasarana kita terbatas,” ujarnya.

Baca juga: SDN 4 Ketapang bersama Satpol PP hadirkan inovasi 'Pacar Genit'
 
Ia menambahkan, saat ini pemerintah daerah masih berupaya mewujudkan pengembangan landasan pacu atau runway Bandara Haji Asan Sampit agar mampu didarati pesawat berukuran besar.
 
Bupati Kotim pun telah beberapa kali menghadap Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan terkait hal tersebut. Pada 10 Juni 2024 lalu, Bupati Kotim menandatangani kesepakatan dengan Dirjen Perhubungan terkait hibah tanah untuk perpanjangan runway dan dalam kesepakatan itu pengembangan bandara akan dilakukan bertahap selama 2024-2027. 
 
Setelah melakukan pembebasan lahan untuk perpanjangan runway, saat ini Pemkab Kotim sedang berupaya untuk merelokasi gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). 
 
“Posisi gedung tersebut saat ini sudah tidak strategis dan dapat menyebabkan kecelakaan ketika dilakukan manuver dari pesawat yang berukuran besar, makanya sedang diupayakan untuk relokasinya,” terangnya.
 
Sementara itu ketika dikonfirmasi, Petugas Wings Airs Cabang Sampit Nani membenarkan penerbangan untuk rute Sampit-Surabaya maupun sebaliknya sementara ditiadakan.
 
Akan tetapi, ketika dikonfirmasi lebih lanjut terkait rentang waktu penghentian sementara penerbangan rute tersebut melalui Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, yang bersangkutan belum memberikan keterangan.
 
Di sisi lain, Kepala Bandara Haji Asan Sampit Darinto mengaku belum mendapat informasi dari pihak maskapai terkait penghentian sementara penerbangan rute Sampit-Surabaya.

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan penambahan kuota LPG 3 kg melalui konversi mandiri

Baca juga: Bupati Kotim instruksikan semua OPD tingkatkan capaian MCP

Baca juga: Bupati Kotim sampaikan rancangan KUA dan PPAS 2025