Pj Bupati Pulang Pisau: Anak berkebutuhan khusus miliki hak sama

id pemkab pulang pisau, pj bupati nunu andriani, anak berkebutuhan khusus, vokasi program pendampingan anak berlebutuhan khusus, abk, pulpis, universitas

Pj Bupati Pulang Pisau: Anak berkebutuhan khusus miliki hak sama

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani memberikan keterangan kepada wartawan terkait dengan vokasi program pendampingan anak berkebutuhan khusus bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.  (ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) -
Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani mengingatkan semua pihak, yakni anak berkebutuhan khusus atau disabilitas memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan.
 
“Pendidikan menjadi hak warga negara termasuk bagi mereka yang secara fisik maupun mental tidak bertumbuh dengan baik atau yang disebut dengan penyandang disabilitas,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Kamis.
 
Dalam kegiatan sosialisasi pendidikan vokasi program pendampingan anak berkebutuhan khusus dan sosialisasi program satu rekening satu pelajar di Aula Banama Tingang, Nunu menegaskan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas memerintahkan pemerintah daerah menyediakan akomodasi layak, termasuk dalam sektor pendidikan. 
 
“Akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas di berbagai tingkatan pendidikan ini diperlukan karena anak berkebutuhan khusus memiliki keperluan akomodasi yang berbeda dengan anak pada umumnya, sehingga akomodasi yang layak dalam sektor pendidikan harus dipenuhi oleh pemerintah,” ucapnya.

Baca juga: Penyaluran pupuk bersubsidi di Pulang Pisau gunakan data petani berbasis digital
 
Akomodasi yang dimaksudkan, terang dia, terdiri dari sarana prasarana, guru yang memadai serta kurikulum disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas.
 
Meskipun harus diakui pada kenyataannya masih banyak satuan pendidikan yang belum memberikan akomodasi layak, baik dari sarana prasarana, pendidik serta kurikulum yang disesuaikan dengan penyandang disabilitas.
 
"Pemerintah terus berusaha melengkapi sarana prasarana termasuk dalam kurikulum pendidikan, agar mampu berdaya saing karena mereka bagian generasi emas ke depan,” ucap Nunu Andriani.  
 
Kepala Dinas Pendidikan Pulang Pisau Sri Putri Pratiwi mengatakan vokasi yang diberikan kepada pendidik anak kebutuhan khusus di kabupaten setempat dilakukan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya memalui Fakultas Psikologi. 
 
“Untuk metode pelatihan kepada pendidik dilakukan secara daring selama tiga bulan dan tidak menggangu proses belajar mengajar,” paparnya.
 
Menurutnya, pelatihan tenaga pendidik anak berkebutuhan khusus ini masuk dalam bidang PAUD. Namun berdasarkan kesepakatan dari tim, pengawas, korwil, MKKS, IGTKI yang dilaksanakan Dinas Pendidikan setempat, perlu di setiap jenjang tenaga pendidik yang siap secara SDM melakukan pembinaan dan interverensi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.
 
“Hak anak berkebutuhan khusus sama untuk mendapatkan pendidikan sehingga tenaga pendidiknya yang harus kita persiapkan melalui vokasi program pendampingan ini,” katanya.
 
Tenaga pendidik, terang Sri, nantinya dibekali dengan pengetahuan, informasi, strategi, bagaimana langkah-langkah pendidik untuk anak berkebutuhan khusus, disesuaikan dengan level dan kemampuan anak tanpa ada pembedaan atau penolakan bagi anak yang ingin mengakses pendidikan sesuai dengan harapan dari orang tua.

Baca juga: Penjabat Bupati Pulpis pastikan setiap anak mendapat imunisasi polio

Baca juga: Sebanyak 28 KK di Pulpis dapat bantuan program perbaikan rumah

Baca juga: Perkara narkoba di Pulang Pisau meningkat setiap tahun