Kalteng siap gelar MTQ VII Nasional, diikuti ribuan peserta

id pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, mtq korpri 7 nasional, musabaqah tilawatil quran, kalimantan tengah, palangkaraya, korps pegawai republik ind

Kalteng siap gelar MTQ VII Nasional, diikuti ribuan peserta

Peluncuran sekaligus sosialisasi MTQ VII Korpri Nasional di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Selasa. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memastikan kesiapan sebagai tuan rumah untuk menyukseskan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Nasional di Kota Palangka Raya pada 3-10 November 2024.
 
Kesiapan Kalteng ini ditandai dengan peluncuran sekaligus sosialisasi MTQ VII Korpri Nasional bersama dengan Ketua Umum DP Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh yang juga merupakan Pj Gubernur Sulawesi Selatan dan Sestama BNPP RI, di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Selasa.
 
"Pelaksanaan MTQ Korpri mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM unggul dan meningkatkan kinerja ASN, melalui pendekatan diri dengan Al Quran," tutur Sekda Kalteng Nuryakin.
 
la berharap penyelenggaraan MTQ VII Korpri Nasional ini sekaligus menjadi momentum bagi Pemprov Kalteng untuk lebih memperkenalkan Kalimantan Tengah.
 
"Semoga MTQ nasional ini terselenggara dengan sukses, aman, dan lancar serta dapat menjadi ajang silaturahmi ASN untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Kalteng kembali terima insentif fiskal
 
Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan jajaran sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Korpri Nasional.
 
"Saya merasa sangat optimis bahwa MTQ ini akan berhasil," jelasnya.
 
MTQ VII Korpri Nasional mengasung tema "ASN Unggul, Cerdas, Mulia, dan Berakhlakul Karimah" yang memperlombakan sembilan cabang, terdiri atas 30 golongan (16 pria dan 14 wanita).
 
Cabang tilawah Al Quran, tartil Al Quran, hifzh Al Quran yang terdiri dari golongan juz 30 (juz Amma), surah Al Baqarah, surah Ali Imran, surah An Nisa, dan tujuh surah pilihan.
 
Cabang dakwah Al Quran, khath Al Quran, terdiri dari golongan dekorasi, lukis kontemporer dan digital klasik, serta golongan digital kontemporer, ditambah cabang adzan, khutbah Jumat, dan doa serta cabang makalah ilmiah Al Quran.
 
MTQ VII Korpri diperkirakan menjadi MTQ Korpri terbesar, diikuti lebih dari 100 kafilah, terdiri dari 38 provinsi dan 76 kementerian/lembaga dengan estimasi lebih dari 3.000 peserta.
 
Dalam pelaksanaannya, Pemprov Kalteng telah mempersiapkan venue terbaik dan saling berdekatan secara jarak untuk mempermudah mobilisasi peserta dan pendamping.
 
Untuk acara pembukaan rencananya dipusatkan di lapangan Sanaman Mantikei yang dinilai sangat strategis berada di tengah kota dan berdekatan dengan venue-venue tempat MTQ diselenggarakan.

Baca juga: Kalteng optimalkan poslap cegah hingga tangani karhutla

Baca juga: FSQ ke-11 lestarikan seni qasidah di Kalimantan Tengah

Baca juga: Sekda Kalteng: LKD Fatayat NU diharap lahirkan kader berwawasan Islam