Sekda Kalteng: LKD Fatayat NU diharap lahirkan kader berwawasan Islam

id pemprov kalteng, sekda nuryakin,Fatayat NU kalteng, nahdlatul ulama, kaderisasi, palangkaraya, kalimantan tengah

Sekda Kalteng: LKD Fatayat NU diharap lahirkan kader berwawasan Islam

Sekda Kalteng Nuryakin. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Sekda Kalteng Nuryakin mengatakan program utama pengkaderan (kaderisasi) di Fatayat NU sebagai langkah penting dalam memperkuat organisasi, mengembangkan kader berkualitas, dan mendukung peran perempuan di NU.
 
"Melalui LKD ini kita harap melahirkan kader berwawasan Islam, memiliki loyalitas, dan rasa tanggungjawab tinggi terhadap organisasi, serta lainnya," katanya di Palangka Raya, Jumat.
 
Hal itu dia sampaikan saat mewakili Gubernur Kalteng membuka Latihan Kader Dasar (LKD) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng 2024. Dia mengatakan organisasi tidak akan menghasilkan apapun apabila kekuatan kader tidak dibangun dengan mengikuti jenjang kaderisasi.
 
Untuk itu dia berharap dengan mengikuti LKD ini, ke depan Fatayat NU senantiasa menjadikan Fikrah Nahdliyah sebagai pedoman dalam kehidupan berorganisasi. 
 
"Dengan kader-kader unggul dan berkualitas, maka Fatayat NU mampu menjawab semua tantangan yang dihadapi ke depan," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng terima bantuan mobil operasional optimalkan kegiatan SPHP
 
Sekda berharap program kaderisasi ini bisa rutin digelar sehingga memberikan kontribusi positif dalam membangun tatanan organisasi yang lebih kuat.
 
Bendahara Umum Fatayat NU Wilda Tusururoh menuturkan LKD ini sangat penting karena kaderisasi merupakan jantungnya organisasi.
 
"Selagi jantungnya masih berdetak InsyaAllah organisasi Fatayat NU masih akan terus berjalan hidup sampai yaumul kiamat. Tetapi ketika kaderisasi berhenti/terhenti, bagaimana kehidupan organisasi ini akan berjalan," katanya. 
 
Ia menjelaskan kaderisasi menjadi agenda prioritas dan agenda penting, baik di pimpinan pusat, maupun pimpinan wilayah cabang dan anak cabang. Kegiatan LKD berlangsung selama tiga hari, yakni 2-4 Agustus 2024. 
 
"Ada tiga tahapan kaderisasi formal, yaitu LKD, Latihan Kader Lanjutan (LKL), dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN)," katanya.

Baca juga: Kalimantan Tengah kenalkan ragam benih unggul lokal spesifik ke tingkat nasional

Baca juga: BPJS Kesehatan-Pemprov Kalteng optimalkan forum Pesiar JKN

Baca juga: Peragaan busana nasional kenalkan wastra Kalimantan Tengah