Legislator Seruyan soroti kondisi budi daya ikan pipih

id dprd seruyan, kuala pembuang, bejo riyanto, budi daya ikan pipih, kepiting seruyan

Legislator Seruyan soroti kondisi budi daya ikan pipih

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Kalangan Legislator Seruyan, Kalimantan Tengah menyoroti perkembangan budi daya ikan pipih yang dilakukan pemerintah kabupaten melalui dinas terkait.

"Berkaitan budi daya ikan pipih yang dilakukan pemkab, kami juga belum ada laporan yang disampaikan oleh dinas terkait," kata Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Kamis.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan harapkan kesiapan pemkab maksimal antisipasi karhutla

Bejo menjelaskan, DPRD khususnya yang bermitra dengan Dinas Perikanan Seruyan hingga saat ini belum ada menerima laporan secara detail tentang budi daya tersebut berhasil atau tidak.
 
Hanya saja ia menilai, tampaknya budi daya ikan pipih di sungai yang sedang berjalan saat ini memang tidak berjalan dengan maksimal.
 
"Budi daya ikan pipih yang saat ini mungkin dijalankan Dinas Perikanan di Sungai Kelua tampaknya stagnan, karena dari kegiatannya pun hampir-hampir tidak berjalan maksimal," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: Pemkab Seruyan ingatkan PBS untuk jalankan CSR

Baca juga: DPRD apresiasi Pemkab Seruyan jalankan program lindungi kesehatan masyarakat


Dia mendorong agar upaya budi daya terhadap berbagai potensi daerah dapat dilakukan dengan optimal sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk daerah maupun masyarakat.

Diketahui selain ikan pipih, pihaknya juga menyoroti kondisi populasi kepiting di Seruyan yang tampaknya perlu perhatian dari pemerintah.

Pihaknya meminta pemerintah kabupaten dapat mengedukasi masyarakat agar tidak menangkap kepiting yang sedang bertelur, sehingga populasinya tetap terjaga dan tidak terganggu.

Baca juga: Rancangan Perubahan KUA dan PPAS APBD Seruyan disepakati

Baca juga: Pj Bupati harapkan Seruyan semakin maju

Baca juga: DPRD ingatkan ASN jaga netralitas pada Pilkada Seruyan 2024