Disdukcapil Gumas 'jemput bola' rekam e-KTP ke sekolah

id pemkab gumas, disdukcapil gumas jemput bola ke sekolah, perekaman e ktp, kuala kurun, gunung mas

Disdukcapil Gumas 'jemput bola' rekam e-KTP ke sekolah

Suasana layanan jemput bola perekaman e-KTP di SMA Negeri 2 Kuala Kurun di Desa Tumbang Hakau Kecamatan Kurun, Kamis (18/7/2024). (ANTARA/HO-Disdukcapil Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melakukan layanan jemput bola atau mendatangi langsung ke lapangan untuk melaksanakan perekaman kartu tanda penduduk elektronik ke sejumlah SMA sederajat.
 
Upaya jemput bola telah dilakukan sejak pertengahan Juli 2024 dan berlanjut hingga Oktober 2024, kata Kepala Disdukcapil Gumas Barthel sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Tonihiro di Kuala Kurun, Rabu.
 
“Disdukcapil Gumas melakukan jemput bola perekaman e-KTP ke 15 SMA sederajat, yang tersebar di berbagai kecamatan. Dari 15 sekolah tadi, jemput bola sudah terlaksana di empat sekolah dan sisanya menyusul,” jelas dia.
 
Adapun empat sekolah yang dimaksud yakni SMA Negeri 2 Kuala Kurun pada 18 Juli 2024, SMA Negeri 1 Tewah pada 23-24 Juli 2024, SMA Negeri 1 Kuala Kurun pada 29-31 Juli 2024, dan SMK Negeri 1 Kuala Kurun pada 6-7 Agustus 2024.
 
Rencananya jemput bola berlanjut ke SMA Katolik Santo Arnoldus Janssen Kuala Kurun, SMA Negeri 1 Kahayan Hulu Utara, SMA Negeri 2 Tewah, SMA Negeri 1 Mihing Raya, dan SMK Negeri 1 Mihing Raya.

Baca juga: Pemkab Gumas sambut HUT ke-79 RI dengan beragam lomba
 
Kemudian jumput bola akan berlanjut ke SMA Negeri 1 Sepang, SMK Negeri 1 Rungan Hulu, SMA Negeri 1 Rungan, SMA Negeri 1 Rungan Barat, SMA Negeri 1 Manuhing Raya, dan SMA Negeri 1 Manuhing.
 
“Bagi peserta didik yang berusia 16 tahun lebih sudah bisa perekaman e-KTP. Namun itu sebatas perekaman saja, sedangkan untuk cetak e-KTP nanti kalau mereka sudah berusia 17 tahun baru bisa diambil,” jelasnya.
 
Lebih lanjut, Disdukcapil Gumas melakukan layanan jemput bola ke berbagai SMA sederajat di wilayah setempat, mengingat sebagian dari pelajar tersebut merupakan pemilih pemula untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.
 
“Disdukcapil Gumas menargetkan perekaman e-KTP terhadap ratusan peserta didik SMA sederajat, selama pelaksanaan jemput bola ke 15 sekolah tadi,” demikian Tonihiro.

Baca juga: DPRD Gumas berharap semakin banyak pedagang yang dibina BPOM

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan langkah antisipasi, bantu petani hadapi kemarau

Baca juga: DPRD Gumas dukung penyelenggaraan lomba lari 5K Karang Taruna