Ketua KPU Barsel akui tiga paslon ada rencana mendaftar Pilkada 2024

id Ketua Komisi Pemilihan Umum, KPU Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Roslina, Ketua KPU Barito Selatan, KPU Barsel, Barsel, K

Ketua KPU Barsel akui tiga paslon ada rencana mendaftar Pilkada 2024

Ketua KPU Barito Selatan, Roslina saat di wawancarai, di Buntok, Selasa (27/8). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Roslina mengakui bahwa sudah ada tiga pasang bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup), ingin mendaftar sebagai peserta di pemilihan kepala daerah (Pilkada)  2024 di wilayah setempat.

"Untuk hari pertama sejak dibukanya pendaftaran pasangan calon, memang belum ada. Tetapi, tim dari dua partai politik sudah ada yang berkoordinasi untuk mendaftarkan paslon yang diusung," kata Roslina di Buntok, Selasa.

Berdasarkan informasi yang diterima pihak KPU Barsel, pada tanggal 28 Agustus 2024 sekitar pukul 10.00 wib, calon Bupati Eddy Raya Samsuri berpasangan dengan Khristianto Yudha, akan mendaftar. Kemudian di hari yang sama berbeda jam atau sekitar pukul 15.00 wib, Cabup Juana berpasangan dengan Tini Rusdihatie, juga akan mendaftar ke KPU setempat.

"Untuk hari Kamis atau tanggal 29 Agustus 2024, ada satu pasangan bacabup dan bacawabup yang siap mendaftar ke KPU Barito Selatan yakni bacabup Pe'i berpasangan dengan Ina Prayawati," beber Roslina.

Dirinya pun menegaskan bahwa untuk masa pendaftaran pasangan bacabup dan bacawabup Barito Selatan sesuai jadwal dan tahapannya selama tiga hari yakni dari 27 Agustus 2024 hingga 29 Agustus 2024. Untuk itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar pelaksanaan tahapan pilkada di Barito Selatan ini bisa berjalan dengan tertib, aman, lancar dan sukses.

Baca juga: KPU Barito Selatan tetapkan 234 TPS untuk Pilkada 2024

Pantauan Antara di lapangan, KPU Barito Selatan telah siap 100 persen untuk menjalankan proses tahapan pendaftaran pasangan bacabup dan bacawabup yang akan maju di pilkada kabupaten setempat pada 2024 ini.

Aparat kepolisian dari Polres Barito Selatan juga telah mendirikan pos pengamanan di halaman KPU setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pendaftaran tersebut berlangsung.

Baca juga: KPU Barito Selatan mutakhirkan data pemilih Pilkada 2024

Baca juga: Diikuti 30 peserta, ini pemenang lomba maskot pilkada KPU Barsel

Baca juga: KPU Barsel distribusikan logistik pemilu 2024 di lima kecamatan