KIM plus lawan PDI Perjuangan tersaji di Pilkada Gumas 2024

id kim plus lawan pdip di pilkada, pilkada gumas 2024, kusnadi-daldin, persatuan demokrasi indonesia perjuangan,kuala kurun, gunung mas

KIM plus lawan PDI Perjuangan tersaji di Pilkada Gumas 2024

Bakal calon Bupati Gumas Kusnadi B Halijam, didampingi bakal calon wakil Daldin, Ketua PDIP Gumas Akerman Sahidar dan Sekretaris Nomi Aprilia, memberi keterangan kepada awak media usai pendaftaran di Kuala Kurun, Kamis (29/8/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kontestasi antara Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus dan PDI Perjuangan bakal tersaji di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah 2024.

Setelah sebelumnya pasangan Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing mendaftar sebagai calon bupati-wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gumas dengan berbekal KIM plus pada Rabu (28/8), giliran Kusnadi B Halijam-Daldin yang mendaftar dengan berbekal PDI Perjuangan pada Kamis (29/8).

“Terima kasih sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya dan Daldin, untuk diusung PDI Perjuangan untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati,” ucap Kusnadi.

Untuk diketahui, Kusnadi dan Daldin bukan nama baru bagi masyarakat Gumas. Kusnadi pernah mengikuti Pilkada Gumas 2008, walau kemudian dirinya dan pasangan calon saat itu mengalami kekalahan dari pasangan Hambit Bintih-Arton S Dohong.

Di Pilkada Gumas 2013 ada empat bakal calon bupati dan wakil bupati, yakni Jaya S Monong-Daldin, Aswin Usup-Yundae, Hambit Bintih-Arton S Dohong, dan Kusnadi B Halijam-Barthel D Suhin. Saat itu pasangan Kusnadi B Halijam-Barthel D Suhin, Jaya S Monong-Daldin, dan Aswin Usup-Yundae mengalami kekalahan.

“Saat ini, syukur alhamdulillah, puji Tuhan, Tuhan telah menyatukan pasangan Kusnadi-Daldin untuk melakukan perubahan bagi Gumas. Kami juga sudah belajar dari kesalahan dan kekalahan saat mengikuti pilkada sebelumnya,” terangnya.

Baca juga: Dealdo-Ismeth peserta kelima daftar maju Pilkada Kapuas

Sementara itu, Ketua PDI Perjuangan Gumas Akerman Sahidar mengajak seluruh kader mendukung pasangan Kusnadi-Daldin, terlebih pasangan ini sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA).

“Saya akan turun untuk membantu pemenangan pasangan ini,” tegas Akerman.

Lainnya, Ketua KPU Gumas Elfrinst G Tumon menyatakan pasangan Kusnadi-Daldin merupakan pasangan kedua yang mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Gumas 2024.

“Dokumen syarat calon sudah kami terima dan lengkap. Nanti akan kami verifikasi lagi,” kata dia.

Jika menilik komposisi partai pengusung dan pendukung pasangan calon Jaya-Efrensia dan Kusnadi-Daldin, maka tertutup kemungkinan untuk muncul calon lain.

Baca juga: Hujan deras iringi Masduki-Nur Efendi mendaftar ke KPU Sukamara

Diberitakan sebelumnya, pasangan Jaya S Monong dan Efrensia LP Umbing resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Gumas 2024, ke KPU kabupaten setempat, Rabu (28/8).

“Ada 10 partai politik yang mengusung dan mendukung kami untuk kembali maju di Pilkada Gumas 2024,” ucap Jaya saat memberi keterangan kepada awak media, usai pendaftaran di Kuala Kurun, Rabu.

Adapun 10 parpol yang dimaksud yakni Golkar, Perindo, NasDem, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura, PKB, PSI dan PPP. Jika menilik daftar parpol tadi, sebagian besar merupakan partai yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Untuk diketahui, KIM merupakan koalisi partai pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, dan PSI. Jika ditambah dengan parpol lainnya, maka dapat disebut Jaya-Efrensia mendapat dukungan dari KIM plus.

Baca juga: Kaspinor-Jondi tegaskan siap bertarung di Pilkada Sukamara

Baca juga: Rahmat Hidayat-Eko Sumarno mantap bertarung di Pilkada Kobar

Baca juga: Tak gentar meski diusung satu partai, Rudini-Paisal mendaftar ke KPU maju di Pilkada Kotim