Pemerintah diminta pastikan program sembako murah di Palangka Raya tepat sasaran

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo, DPRD, Palangka Raya, Kalteng, pasar murah di Palangka Raya

Pemerintah diminta pastikan program sembako murah di Palangka Raya tepat sasaran

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo menekankan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar benar-benar memastikan pelaksanaan program sembako murah dilakukan secara tepat sasaran.

"Program ini sangat dinantikan oleh warga, terutama di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Jadi harus ada pengawasan yang tepat oleh pemerintah agar program ini berjalan dengan baik," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengakui bahwa operasi pasar murah yang dilakukan oleh pemerintah kota telah berjalan dengan baik, yang selama ini dilakukan di masing-masing kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya.

Meski demikian, pemerintah diminta untuk tidak terlena sehingga mengabaikan sisi pengawasan dalam proses program tersebut, sebab masyarakat sangat berharap adanya perhatian dan dukungan konkret dari Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Masyarakat berharap adanya sentuhan, pergerakan, ataupun dedikasi dari pemerintah kota. Pemerintah harus hadir dalam membantu kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat," ucapnya.

Baca juga: BPN Palangka Raya selesaikan 15.000 hektere pemetaan bidang lengkap

Sigit meminta kepada pemerintah agar dapat mengawasi masyarakat yang masuk dalam program sembako murah benar-benar masyarakat yang tidak mampu. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah adanya kecemburuan sosial yang dikhawatirkan dapat terjadi polemik antar masyarakat pada saat proses pelaksanaan sembako murah.

"Jangan sampai, orang yang tergolong mampu malah mendapatkan bantuan. Program ini harus benar-benar menjangkau mereka yang membutuhkan," ujarnya.

Untuk memastikan ketepatan sasaran, politisi PDI Perjuangan ini menyarankan agar pemerintah mendata penerima bantuan dari tingkat RT. Dirinya juga berharap, program pasar murah akan berjalan lebih efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Kota Palangka Raya yang membutuhkan.

"RT adalah pihak yang paling mengetahui kondisi warga di lingkungannya, sehingga pendataan dari tingkat RT sangat diperlukan," demikian Sigit.

Baca juga: Vandalisme di kawasan Bundaran Besar, Kasatpol PP ajak warga jaga aset daerah

Baca juga: Legislator Palangka Raya minta orang tua dan sekolah awasi penggunaan medsos oleh anak

Baca juga: Polisi kejar pelaku penganiayaan sopir taksi online di Palangka Raya