Legislator Palangka Raya minta orang tua dan sekolah awasi penggunaan medsos oleh anak

id dprd palangka raya, sigit wido, penggunaan medsos oleh anak, bahaya media sosial, palangkaraya

Legislator Palangka Raya minta orang tua dan sekolah awasi penggunaan medsos oleh anak

Legislator Kota Palangka Raya Sigit Widodo. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo menekankan pentingnya pengawasan, baik itu dari orang tua serta pihak sekolah saat anak atau siswa menggunakan media sosial.
 
"Penggunaan media sosial memang sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak saat ini. Namun, kita harus tetap waspada terhadap potensi bahaya yang mengintai di dunia maya," katanya saat ditemui di kantor DPRD Palangka Raya, Rabu.
 
Dirinya menjelaskan, anak-anak yang masih berusia dini belum memiliki kemampuan untuk memilah informasi dan konten yang baik di media sosial.
 
Mereka rentan terpapar konten negatif seperti pornografi, kekerasan, dan ujaran kebencian. Selain itu, anak-anak juga mudah menjadi korban kejahatan siber seperti penipuan, perundungan, dan pelecehan seksual.
 
"Oleh karena itu, peran orang tua dan sekolah sangat penting dalam mengawasi anak-anak saat menggunakan media sosial. Orang tua harus memberikan edukasi tentang penggunaan media sosial yang bertanggung jawab dan mengawasi aktivitas anak di dunia maya," ucapnya.

Baca juga: Peringati Hapelnas, BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya berikan kemudahan layanan dan manfaat optimal
 
Sigit juga menekankan pentingnya komunikasi terbuka antara orang tua dan anak, agar tidak ada jarak dalam hubungan antara orang tua dan anak.
 
Dengan kondisi tersebut, dirinya meyakini dapat menciptakan suasana nyaman bagi anak untuk bercerita tentang apa yang mereka alami di dunia maya.
 
"Dengan komunikasi yang terbuka, orang tua dapat lebih mudah mendeteksi potensi bahaya dan memberikan bantuan yang dibutuhkan," ujarnya.
 
Politisi PDI Perjuangan ini berharap, dengan adanya langkah ini, orang tua dan sekolah dapat lebih proaktif dalam mengawasi anak-anak saat menggunakan media sosial.
 
Hal ini juga diharapkan dapat meminimalisir potensi bahaya yang mengintai anak-anak di dunia maya, yang dapat merusak masa depan anak.
 
"Jangan sampai anak kita itu dibiarkan bebas begitu saja menggunakan media sosial. Harus benar-benar kita awasi sehingga nantinya tidak ada penyesalan," demikian Sigit.

Baca juga: UMKM di Palangka Raya diminta optimal manfaatkan media sosial memperluas pemasaran

Baca juga: Penjabat Wali Kota minta lembaga penyiaran perkuat penyebaran informasi pembangunan

Baca juga: Pemkot Palangka Raya atasi stunting melalui program 'Paketing'