Penuhi kebutuhan pangan masyarakat, Pemprov Kalteng gelar Pasar Murah Berkah

id pemprov kalteng, pasar murah berkah, tingkat inflasi, daya beli masyarakat, kebutuhan pokok, kalimantan tengah

Penuhi kebutuhan pangan masyarakat, Pemprov Kalteng gelar Pasar Murah Berkah

Wagub Kalteng Edy Pratowo menyapa warga di Katingan saat pelaksanaan Pasar Murah Berkah (4/9/2024). ANTARA/HO-Pemprov Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menggelar Pasar Murah Berkah yang menyasar Kota Palangka Raya dan Kabupaten Katingan sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
"Kegiatan ini kami laksanakan untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.
 
Edy Pratowo menekankan pentingnya program ini sebagai bagian dari upaya pemerintah menjaga kesejahteraan masyarakat dan menekan tingkat inflasi di Kalteng.
 
Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan inflasi Kalimantan Tengah pada Agustus 2024 yakni 1,29 persen (y-o-y). Tingkat inflasi di Kalteng ini menjadi yang terendah se-Kalimantan.
 
Inflasi Kalteng pada Agustus 2024 yakni 1,29 persen (y-o-y), lebih rendah dibanding provinsi lain di Pulau Kalimantan, seperti Kalimantan Barat 1,47 persen, Kalimantan Utara 1,59 persen, Kalimantan Selatan 1,71 persen dan Kalimantan Timur 2,13 persen.

Baca juga: Gubernur Kalteng : Harganas momentum penguatan keluarga dalam pembangunan daerah
 
Lebih lanjut Edy Pratowo menyampaikan, berbagai upaya terus pihaknya lakukan agar daya beli maupun tingkat inflasi dapat terus terjaga, termasuk melalui penyelenggaraan Pasar Murah Berkah yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng.
 
"Pasar Murah Berkah ini adalah salah satu bentuk nyata perhatian pemerintah membantu masyarakat menghadapi tantangan ekonomi. Kami berharap melalui kegiatan ini kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi dengan harga yang lebih terjangkau," katanya.
 
Untuk Palangka Raya, Pasar Murah Berkah dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Bukit Batu, sedangkan Katingan yakni di halaman Masjid Ainul Yaqin Kasongan.
 
Masing-masing titik pelaksanaan pasar murah dialokasikan sebanyak 500 paket sembako dan dibagikan secara langsung kepada warga yang telah terdaftar sebagai penerima.
 
Paket sembako ini berisi berbagai kebutuhan pokok, di antaranya seperti beras hingga minyak goreng. Setiap paket sembako telah disubsidi sehingga dapat ditebus warga hanya dengan Rp20 ribu.


Baca juga: Gubernur bantu guru di Kalteng miliki rumah layak huni

Baca juga: Berikut bonus yang dijanjikan Gubernur Kalteng untuk atlet peraih emas di PON 2024

Baca juga: Seribu paket beras bantuan Gubernur Kalteng disalurkan untuk warga Kapuas Timur