Satpol PP Palangka Raya diminta optimalkan pengawasan dan penegakan perda

id Satpol PP Palangka Raya diminta optimalkan pengawasan dan penegakan perda, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya

Satpol PP Palangka Raya diminta optimalkan pengawasan dan penegakan perda

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Yudhi Karlianto Manan. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yudhi Karlianto Manan menekankan agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat dapat lebih optimal dalam menjalankan tugas pengawasan dan penegakan peraturan daerah (perda) di kota itu.
 
"Di momentum Hari Pamong Praja ini, saya berharap Satpol PP Kota Palangka Raya dapat lebih optimal dalam melakukan pengawasan dan penegakan Perda. Hal ini penting untuk menciptakan ketertiban dan keamanan di daerah ini," katanya di Palangka Raya, Minggu.
 
Dirinya menilai, bahwa peran Satpol PP sangat penting dalam menjaga suasa kondusif dan keamanan masyarakat di Kota Palangka Raya.

Satpol PP memiliki tugas dan wewenang untuk menegakkan perda yang bertujuan untuk mengatur berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti ketertiban umum, keamanan, dan kebersihan.
 
"Satpol PP adalah garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Palangka Raya. Mereka memiliki peran penting dalam menegakkan Perda dan memberikan sanksi kepada pelanggarnya," ucapnya.

Baca juga: Marak kebakaran, warga Palangka Raya diminta lebih waspada
 
Yudhi juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara Satpol PP Kota Palangka Raya dengan instansi terkait lainnya dalam menjalankan tugas penegakan Perda.

Hal tersebut dilakukan, karena sebagai eksekutor, Satpol PP harus memiliki sinergi bersama instansi yang menjadi ujung tombak dalam pembuatan perda tersebut.

"Karena kan yang lebih mengetahui bagaimana perda itu, ya instansi terkait yang mengusulkan dan membuat isi-isi di dalam perda. Jadi harus ada sinergi, untuk bersama-sama Satpol PP menyosialisasikan perda tersebut ke masyarakat," ujarnya.
 
Untuk itu, Yudhi berharap agar Satpol PP Kota Palangka Raya dapat terus meningkatkan profesionalitas dan kapasitasnya dalam menjalankan tugas.

Dengan perda yang ditegakkan secara tegas, tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan asli daerah Kota Palangka Raya.

"Saya yakin Satpol PP Kota Palangka Raya mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Semoga di masa mendatang, Satpol PP dapat lebih optimal dalam menjalankan tugasnya dan menjadi garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Palangka Raya," demikian Yudhi.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta bantu sosialisasi penggunaan MyPertamina

Baca juga: Berikut pesan Ketua Sementara DPRD untuk pelamar CPNS di Palangka Raya

Baca juga: DPRD ingatkan peran penting guru cegah kekerasan di sekolah