Kalteng borong empat penghargaan di ajang APPI 2024

id pemprov kalteng, kalteng raih juara I empat kategori appi 2024, Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia, disbudpar kalt

Kalteng borong empat penghargaan di ajang APPI 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi oleh Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini menyerahkan penghargaan yang diterima Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari, Jakarta (9/9/2024) Senin malam. (ANTARA/HO-Disbudpar Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih prestasi di ajang malam Puncak Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024, dengan menyabet empat penghargaan juara I.
 
"Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan yang telah diraih Kalimantan Tengah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari dihubungi dari Palangka Raya, Selasa.
 
Adiah mengatakan juara I dalam APPI 2024 tersebut meliputi empat kategori lomba video promosi pariwisata, yakni pada April dengan tema kuliner, Mei untuk tema even, Juni di kategori seni dan budaya, serta Juli dengan tema destinasi unggulan.
 
Ia berharap melalui optimalisasi promosi ini, wisatawan domestik maupun mancanegara semakin tertarik untuk datang mengunjungi Kalimantan Tengah.
 
"Kami juga terus menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di Kalimantan Tengah," ujarnya.
 
Salah satu upaya yang pihaknya lakukan, yakni mengoptimalkan pengimplementasian digitalisasi pariwisata untuk semakin memacu perkembangan sektor kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah setempat.
 
"Upaya yang kami lakukan, salah satunya memaksimalkan Sisparnas atau Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kotim dan Pemprov Kalteng sepakati kerja sama pembangunan Jembatan Mentaya
 
Pentingnya ketersediaan informasi maupun data kepariwisataan daerah yang terintegrasi. Tak hanya untuk membantu wisatawan mudah dalam mengakses informasi dalam merencanakan perjalanan, namun juga membantu pengelola agar semakin efektif dan efisien.
 
Dia mengharapkan dengan pemanfaatan secara optimal, platform Sisparnas mampu membantu menyediakan manajemen data kepariwisataan secara digital dan terintegrasi.
 
Sisparnas merupakan platform yang dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menjadi sistem satu data bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.
 
Untuk mengoptimalkan platform nasional ini, Disbudpar telah melaksanakan bimbingan teknis tata kelola destinasi pariwisata dan lokakarya Sisparnas yang merupakan bagian dari pelaksanaan pemutakhiran Sistem Informasi Pariwisata Nasional 2024.
 
Lebih lanjut, Adiah menjelaskan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang berkunjung ke provinsi setempat mencapai sekitar 1,3 juta orang berdasarkan data sementara hingga Juni 2024.
 
Adapun jumlah kunjungan wisatawan ke Kalteng pada 2023 mencapai sekitar 2 juta orang dan 2024 ditargetkan sekitar 2,2 juta wisatawan.
 
"Kami optimistis hingga akhir tahun 2024, jumlah kunjungan wisatawan ke Kalteng mampu melampaui target," ujarnya.

Baca juga: Panen perdana udang vaname Shrimp Estate Berkah memuaskan

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan penataan pengelolaan pertambangan pacu PAD

Baca juga: Pemprov Kalteng gencar pacu digitalisasi ekonomi dan pengembangan pariwisata