Pemkab Barsel gelar tabligh akbar Maulid Nabi Muhammad

id pemkab barito selatan, tablig akbar, maulid nabi, pj bupati deddy winarwan, buntok, barsel

Pemkab Barsel gelar tabligh akbar Maulid Nabi Muhammad

Asisten II Setda Barito Selatan Rahmat Nuryadin saat menyampaikan sambutan dalam Maulid Nabi Muhammad SAW, di Buntok, Kamis malam (12/9/2024). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) melaksanakan tabligh akbar Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Masjid Baiturrahman Buntok, Kamis malam.
 
Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan Rahmat Nuryadin mengajak kepada semua agar memaknai peringatan Maulid Nabi sebagai pembaharuan semangat meneladani akhlak dan kepribadian mulia Rasulullah SAW.
 
"Nabi Muhammad merupakan pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan contoh atau teladan bagi umatnya," katanya.
 
Selain menyandang gelar Uswatun Hasanah, nabi juga mendapat gelar Al-Amin yaitu yang dapat dipercaya. Menurut dia, keteladanan Rasulullah, ditunjukkan dengan sikap yang pemurah, pengasih dan penyayang yang di dalam risalah kerasulannya, Nabi Muhammad mendapat sebutan Rahmatan Lil Alamin.
 
Ia menerangkan, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan sepanjang masa dan keteladanannya tercermin dalam setiap lini kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Puluhan tenaga kerja konstruksi di Barsel ikuti sertifikasi supervisor K3
 
Dengan momentum ini, ia mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama saling mengintrospeksi serta memperbaiki diri dan merefleksikan seluruh aktivitas yang selama ini telah dilakukan.
 
"Semoga kita dapat mencontoh sifat beliau di kehidupan sehari-hari," ucapnya saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan.
 
Dalam acara tersebut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad M. Taufan Aulia Akbar dengan materi bersyukur menjadi umat Nabi Muhammad.
 
Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan trofi kegiatan lomba syair maulid kepada majelis ta'lim pengajian yang mengikuti lomba tersebut sebelumnya.
 
Acara tabligh akbar maulid nabi Muhammad SAW tersebut dihadiri sejumlah ulama, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) anggota DPRD, Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan ribuan jamaah yang memadati Masjid Agung Baiturrahman Buntok.

Baca juga: Masyarakat Barsel diajak waspadai ancaman radikalisme

Baca juga: DPRD Barsel harapkan pemkab terus gali potensi PAD

Baca juga: DPUPR Barsel laksanakan sertifikasi kepada tenaga jasa konstruksi