Puluhan tenaga kerja konstruksi di Barsel ikuti sertifikasi supervisor K3

id tenaga kerja konstruksi, Barito Selatan, Kalimantan Tengah, barsel, kalteng

Puluhan tenaga kerja konstruksi di Barsel ikuti sertifikasi supervisor K3

Asisten III Setda Barito Selatan Mirwansyah berfoto bersama usai acara pembukaan di Buntok, Rabu (11/9). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 50 orang tenaga kerja konstruksi di Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti pelatihan dan sertifikasi jabatan supervisor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) jenjang lima dan enam.

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, Mirwansyah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga jasa konstruksi di daerah ini.

"Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap tahunnya," katanya, saat menghadiri acara tersebut, di Buntok, Rabu.

Setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi, lanjut dia, wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja dan hal itu sesuai dengan Undang-Undang cipta kerja Nomor 11/2020.

"Saya mengapresiasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barito Selatan yang telah menyelenggarakan pelatihan  dan sertifikasi tersebut," kata Mirwansyah.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan ini, tentunya sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Barito Selatan 2025-2045 khususnya pada pilar pertama yakni transposisi sosial.

"Hal tersebut guna mewujudkan SDM yang sehat, cerdas, unggul, kompetitif, dan berakhlakul karimah," ucapnya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan.

Sementara itu, Plt Sekretaris DPUPR Barito Selatan, M Taufik menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini, bekerjasama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah (BJKW) V Banjarmasin.

"Pelatihan dan sertifikasi kita laksanakan tersebut sesuai amanat Undang-Undang cipta kerja," terangnya mewakili Kepala DPUPR Barito Selatan, DR Ita Minarni.

Baca juga: Masyarakat Barsel diajak waspadai ancaman radikalisme

Dikatakannya, pelatihan serta sertifikasi K3 yang dilaksanakan  selama dua hari tersebut sangat penting guna mencegah terjadinya kecelakaan di wilayah kerja konstruksi.

Narasumber pelatihan, dan sertifikasi tersebut, Sri Sumarni menyampaikan untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terkait peraturan-undangannya mengenai K3. Kemudian, dalam bidang pengawasan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi.


"Untuk hari pertama dilakukan pembekalan, dan pada hari kedua akan dilaksanakan sertifikasi uji kompetensi dengan mendatangkan dua assesor dari Surabaya," kata dia.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina Jasa Kontruksi pada DPUPR Barito Selatan, Hawinu B. Handen menambahkan, kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang dilaksanakan  di aula Bappeda tersebut diikuti peserta dari penyedia jasa  atau kontraktor.

"Peserta juga dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) pada DPUPR, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) pada beberapa dinas teknis serta guru dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 (SMKN-3) Buntok," pungkasnya.

Baca juga: DPUPR Barsel laksanakan sertifikasi kepada tenaga jasa konstruksi

Baca juga: Tarian budaya Barsel raih juara 1 World Championship of Folklore di Bulgaria

Baca juga: DPUPR Barito Selatan laksanakan 81 kegiatan proyek irigasi