DPUPR Barito Selatan laksanakan 81 kegiatan proyek irigasi

id pemkab barito selatan, dpupr barsel, proyek irigasi barsel, pertanian, buntok, nirwanto

DPUPR Barito Selatan laksanakan 81 kegiatan proyek irigasi

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Barito Selatan Nirwanto. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan sebanyak 81 paket kegiatan proyek irigasi.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air pada DPUPR Barito Selatan Nirwanto di Buntok, Sabtu, mengatakan sebanyak 81 paket proyek tersebut terdiri dari pekerjaan fisik serta konsultan perencanaan dan pengawasan.

"Pekerjaan proyek tersebut pada sejumlah desa yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini," katanya.

Dikatakannya, pekerjaan proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2024 terdiri dari beberapa item pekerjaan.

Ia menjelaskan, untuk jenis pekerjaannya seperti pekerjaan proyek pembersihan sungai, pekerjaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi, pekerjaan proyek pembangunan jaringan irigasi, dan pekerjaan proyek peningkatan jaringan irigasi.

Baca juga: Begini respons Perindo Barsel terkait mundurnya kader dukung paslon lain

Kemudian lanjut Nirwanto, pekerjaan proyek pembangunan embung, pekerjaan proyek perkuatan tebing, dan konsultan perencanaan serta pengawasan.

Ia juga menyampaikan, untuk pekerjaan fisik proyek tersebut, sudah 48 paket pekerjaan yang sudah ditandatangani kontraknya," kata Nirwanto mewakili Kepala DPUPR Barito Selatan Ita Minarni.

Sedangkan untuk 15 pekerjaan dari 48 pekerjaan fisik yang sudah ditandatangani kontraknya tersebut, pekerjaannya sudah rampung dikerjakan 100 persen oleh kontraktor pelaksananya.

"Pekerjaan proyek pada bidang Sumber Daya Air di DPUPR Barito Selatan ini juga masih ada 12 paket proyek yang masih tayang untuk dilaksanakan proses tender, dan lima pekerjaan lainnya masih dalam proses penayangannya," tambahnya.

Selain itu Nirwanto juga menyampaikan, untuk realisasi pekerjaan proyek pada bidang Sumber Daya Air dari APBD murni 2024 hingga kini sudah mencapai 50 persen lebih.

"Kita optimistis, hingga akhir tahun 2024 mendatang, semua pekerjaan proyek fisik di bidang Sumber Daya Air ini akan rampung dikerjakan 100 persen," demikian Nirwanto.

Baca juga: Resmi mendaftar ke KPU, Pe'i-Ina Prayawati bertekad menangkan pilkada di Barsel

Baca juga: Daftar ke KPU, Juana-Tini Rusdihatie siap bertarung di Pilkada Barsel

Baca juga: Eddy Raya-Khristianto mendaftar ke KPU Barsel sebagai peserta Pilkada 2024