Lolos seleksi administrasi, 2.552 pelamar bersaing untuk kuota 255 CPNS Kotim

id pemkab kotim, seleksi cpns kotim, casn 2024, sampit, kotawaringin timur, bpsdm kotim, kamaruddin makkalepu

Lolos seleksi administrasi, 2.552 pelamar bersaing untuk kuota 255 CPNS Kotim

Kepala BKPSDM Kotim Kamaruddin Makkalepu. (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Sebanyak 2.552 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah tahun anggaran 2024.
 
“Tahapan seleksi administrasi telah selesai pada 17 September kemarin. Dari 3.337 pelamar yang mendaftar yang lolos seleksi administrasi sebanyak 2.552 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Kamaruddin Makkalepu di Sampit, Rabu.
 
Kamaruddin menjelaskan pendaftaran CPNS Kotim dibuka sejak 20 Agustus dan ditutup pada 10 September pukul 00:00 WIB. Kemudian, seleksi administrasi berlangsung nanti sampai dengan 17 September 2024. 
 
Hasil seleksi administrasi diumumkan melalui surat pengumuman Panitia Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara Pemkab Kotim Tahun Anggaran 2024, Nomor: 800.1.2.2/2114/BKPSDM.PPI/2024.
 
Dari 2.552 pelamar yang lolos seleksi administrasi, 131 di antaranya merupakan melamar untuk formasi tenaga kesehatan (Nakes) dan 2.421 lainnya melamar untuk formasi tenaga teknis. Sedangkan, kuota CPNS yang dibuka untuk masing-masing formasi tersebut adalah 50 nakes dan 205 tenaga teknis.
 
“Tahapan yang dilalui masih cukup panjang, setelah hasil seleksi administrasi ini diumumkan pelamar yang tidak lolos dan keberatan dengan hasil seleksi bisa menyampaikan sanggahannya melalui akun masing-masing pelamar pada laman https://sscasn.bkn.go.id,” lanjutnya.
 
Ia melanjutkan, pelamar yang lolos seleksi administrasi dapat melihat nomor registrasi dan namanya pada Lampiran I dan Lampiran II Pengumuman yang dipublikasikan di laman resmi BKPSDM Kotim. 
 
Sebaliknya, bagi pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi dapat melihat keterangan alasan tidak lulus melalui akun masing-masing pelamar. Jika keberatan terhadap hasil seleksi administrasi, maka pelamar dapat mengajukan sanggahan.

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi Drumband Kalteng raih medali emas di PON XXI
 
Kendati demikian, ia menegaskan bahwa dalam masa sanggah, pelamar tidak diperkenankan untuk memperbaiki, mengubah, mengunggah ulang, atau memperbaharui dokumen yang telah diunggah atau menambah dokumen apapun.
 
Panitia Seleksi dapat menerima dan menolak alasan sanggahan yang diajukan oleh pelamar setelah dilakukan verifikasi kembali terhadap kesesuaian persyaratan dengan dokumen yang diunggah pelamar
 
"Apabila alasan sanggahan pelamar diterima, panitia akan mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 hari kalender sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah," pungkasnya.
 
Sementara itu, jadwal rekrutmen CPNS 2024 selanjutnya adalah, pengumuman hasil seleksi administrasi berlangsung pada 17-19 September 2024, Konfirmasi Penggunaan Nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 oleh peserta seleksi 18-28 September 2024, 
 
Kemudian, masa sanggah 20-22 September 2024, jawab sanggah 20-24 September 2024, pengumuman pasca masa sanggah 23-29 September 2024. 
 
Jadwal ini mengalami perubahan dari jadwal sebelumnya, setelah adanya perpanjangan masa pendaftaran yang semula berlangsung pada 19 Agustus - 2 September 2024 menjadi 19 Agustus - 10 September 2024.
 
Selain itu, jadwal ini masih bisa berubah mengikuti ketetapan Panselnas. Sementara untuk jadwal Penarikan data final SKD CPNS, penjadwalan SKD CPNS dan selanjutnya sampai dengan pengisian DRH NIP CPNS akan diperbaharui lebih lanjut melalui laman resmi http://bkpsdm.kotimkab.go.id/.
 
Di sisi lain, terkait dengan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ia menyatakan bahwa belum ada petunjuk resmi dari pemerintah pusat untuk jadwal dan petunjuk teknis perekrutan. Kendati demikian, kuota PPPK tahun ini telah ditentukan, yakni 774 PPPK.

Baca juga: Tinjau lokasi kebakaran, Wabup Kotim salurkan bantuan darurat

Baca juga: Begini upaya Pemkab Kotim meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat

Baca juga: Disdik Kotim gelar lokakarya untuk calon guru penggerak