Badan Kesbangpol dukung penuh Pilkada Kapuas berjalan kondusif

id Badan Kesbangpol dukung penuh Pilkada Kapuas berjalan kondusif, kalteng, Kapuas, pilkada, politik

Badan Kesbangpol dukung penuh Pilkada Kapuas berjalan kondusif

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Yunabut. ANTARA/ ​​​​​​​All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyatakan siap mendukung penuh pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 agar berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.

“Kesiapan ini merupakan bagian dari upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan di daerah selama proses Pilkada berlangsung,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Yunabut di Kuala Kapuas, Rabu.

Yunabut menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, TNI, Polri, serta elemen masyarakat lainnya. Tujuannya adalah menciptakan sinergi untuk mendukung terciptanya situasi yang aman dan damai selama tahapan Pilkada, mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara.

Selain itu, lanjutnya, Kesbangpol juga akan melakukan berbagai upaya preventif, seperti sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga ketertiban selama Pilkada.

Kesbangpol akan terus mengawasi dan memantau potensi-potensi konflik yang dapat muncul akibat perbedaan pilihan politik. Mereka juga berencana mengadakan dialog dan diskusi dengan tokoh masyarakat dan agama untuk mencegah terjadinya gesekan antar kelompok.

Baca juga: Pemkab Kapuas-KND RI kolaborasi pemenuhan hak disabilitas

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) kabupaten setempat ini, juga berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga suasana kondusif.

Ia juga mengajak warga di daerah setempat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Semua pihak diminta selalu mengutamakan kepentingan bersama demi kelancaran Pilkada.

“Dengan dukungan penuh dari semua pihak, diharapkan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Kapuas dapat berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas,” tuturnya.

Dia mengajak masyarakat di daerah setempat untuk sama-sama mengawal proses Pilkada di daerah ini berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.

“Masyarakat yang memiliki hak suara untuk memilih di Pilkada ini, untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) memberikan hak suaranya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” demikian Yunabut.

Baca juga: Kapolres ajak peserta Pilkada Kapuas 2024 jaga daerah tetap kondusif

Baca juga: Berikut nomor urut lima paslon peserta Pilkada Kapuas 2024

Baca juga: Lima paslon bersaing di Pilkada Kapuas 2024