Pjs Bupati komitmen sukseskan Pilkada Kotim 2024

id pemkab kotim, pjs bupati shalahuddin, sampit, kotawaringin timur, pilkada 2024

Pjs Bupati komitmen sukseskan Pilkada Kotim 2024

Pjs Bupati Kotim Shalahuddin bersama seluruh jajaran pejabat Pemkab Kotim di aula rumah jabatan Bupati Kotim, Kamis (26/9/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Shalahuddin yang merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah berkomitmen menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
“Tugas saya ke Kotim adalah untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan. Kemudian, yang paling utama lagi adalah menyukseskan Pilkada,” kata Shalahuddin di Sampit, Kamis. 
 
Hal itu ia sampaikan pada acara coffee morning dalam rangka pengenalan seluruh pejabat Pemkab Kotim, baik sekretaris daerah, staf ahli, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan kepala instansi vertikal. 
 
Shalahuddin resmi dikukuhkan sebagai Pjs Bupati Kotim oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri lantaran Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati menjalani cuti untuk melaksanakan tahapan dalam rangka maju dalam kontestasi Pilkada 2024.
 
Berkarier di pemerintahan sejak akhir 1990-an, Shalahuddin memulai karir sebagai tenaga honor di Dinas PUPR Kalteng, kemudian mengikuti tes PNS dan lolos, serta ditugaskan di Dinas PUPR Barito Utara selama 16 tahun. 
 
Secara bertahap kariernya pun meningkat hingga dipromosikan menjadi Kepala PUPR Kalteng yang kini telah ia jalani hampir tujuh tahun.
 
Dengan pengalaman tersebut ia mendapat kepercayaan sebagai Pjs Bupati Kotim. Shalahuddin mengaku sempat beberapa kali ditawari menjadi Pjs di kabupaten lain, di antaranya Kotawaringin Barat dan Barito Utara.
 
Namun, tawaran itu ia tolak dengan berbagai pertimbangan, khususnya terkait jarak dan kemudahan koordinasi dengan provinsi, sehubungan dengan jabatan utamanya sebagai Kepala PUPR Kalteng. 
 
“Terakhir saya ditawari di Kotim dan kata gubernur ini tidak boleh ditolak. Saya pun menerima karena untuk ke Palangka Raya juga tidak begitu jauh,” tambahnya.

Baca juga: Kotim terima bantuan perangkat pemantau kualitas air Sungai Mentaya
 
Pria kelahiran Muara Teweh ini menyampaikan sesuai instruksi gubernur tugas utamanya sebagai Pjs adalah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan sementara sampai Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati selesai cuti. 
 
Kemudian yang tidak kalah penting tugasnya adalah menyukseskan serta menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama penyelenggaraan Pilkada Kotim.
 
Ia juga mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kotim agar menjaga netralitas. Walaupun, ASN juga memiliki hak pilih, tapi jangan sampai menunjukkan sikap yang tidak netral. 
 
“Sebagai ASN pasti kita punya pilihan, sebagai anak buah juga pasti kita punya pimpinan. Tapi yang penting kita tetap menjaga netralitas, jangan sampai kita ribut-ribut,” ujarnya. 
 
Selain itu, masih ada misi lain yang diinstruksikan gubernur kepada dirinya, seperti pengentasan stunting dan ketahanan pangan. Untuk itu, Shalahuddin meminta dukungan dari seluruh jajaran di Pemkab Kotim maupun instansi vertikal. 
 
Meskipun, tugasnya sebagai Pjs Bupati Kotim terbilang singkat, yakni hanya dua bulan, namun kerja sama dari semua pihak sangat diharapkan agar setiap program berjalan lancar. 
 
“Kita ini kalau mau orang hebat harus hebat semua, tidak mungkin saya bekerja sendiri atau one man show. Kita harus bisa bekerja bersama-sama, saling mendukung menjadi satu kesatuan dan ciptakan kenyamanan, kedamaian dan kesejahteraan lingkungan kita,” pungkasnya. 
 
Selaku tuan rumah, Pj Sekda Kotim Sanggul Lumban Gaol memimpin penyambutan Shalahuddin pada acara yang dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Kotim. 
 
Ia pun mengajak seluruh jajaran Pemkab Kotim mendukung dan membantu Pjs Bupati Shalahuddin dalam menjalankan tugas di Kotim, terlebih dalam pelaksanaan berbagai event, salah satunya Pilkada. 
 
“Mari kita bersama-sama mendukung tugas beliau sebagai Pjs Kotim. Kita bantu beliau melaksanakan tugas-tugas sesuai tanggung jawab yang diamanahkan oleh Mendagri dan Gubernur sehingga bisa terselenggara dengan sebaik-baiknya,” demikian Sanggul.

Baca juga: Bawaslu Kalteng perkuat kapasitas jajaran terkait PSAP

Baca juga: Bea Cukai Sampit beri penghargaan mitra kerja dan pengguna jasa

Baca juga: Gubernur kukuhkan Shalahudin sebagai Pjs Bupati Kotim