Komisi DPRD Kota Palangka Raya resmi terbentuk

id Komisi DPRD Kota Palangka Raya resmi terbentuk, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya, politik

Komisi DPRD Kota Palangka Raya resmi terbentuk

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, bersama Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, saat penandatanganan berita acara penetapan alat kelengkapan dewan di ruang rapat paripurna DPRD Kota Palangka Raya, Selasa (22/10/2024). ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah lainnya secara resmi telah terbentuk.

Pembentukan dan penetapan tersebut berdasarkan hasil rapat paripurna ke-8 masa persidangan I tahun sidang 2024/2025, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, Selasa (22/10).

"Setelah melalui berbagai proses, akhirnya komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya, seperti Bapemperda, badan musyawarah, badan anggaran, hingga badan kehormatan akhirnya terbentuk," kata Subandi saat memimpin rapat.

Dia menjelaskan, bahwa pada periode 2024-2029 ini komisi di DPRD Kota Palangka Raya terbagi menjadi tiga komisi, yakni Komisi I, II dan III.

Pada komisi I yang merupakan bidang pemerintahan dan keuangan, diketuai oleh Mukarramah dari partai Nasdem, dengan wakil ketua I dijabar oleh Salundik, wakil ketua II dijabat oleh Syaufwan Hadi.

Sementara untuk sekretaris komisi I, dijabat oleh Pitria Noor Jaya dan beranggotakan Sudarto, Hatir Sata Tarigan, Bennie Brian Tonni dan Rusdiansyah.

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta warga segera laporkan jika menemukan pungli

"Untuk komisi II yang membidangi perekonomian dan pembangunan, diketuai oleh Arthur Apriossi Tuwan, dengan wakil ketua I Hap Baperdu, wakil ketua II Dudie B Sidau dan sekretaris Sumadi," ucapnya.

Pada komisi II terdapat enam orang anggota, yakni Khemal Nasery, Wahid Yusuf, Erlan Audri, Noorkhalis Ridha, Tantawi Jauhari dan Yudhi Karlianto Manan.

Subandi melanjutkan, pada komisi III yang membidangi kesejahteraan rakyat, diketuai oleh Sigit Widodo, wakil ketua I dijabat oleh Dede Ardiansyah, wakil ketua II dijabat oleh Sri Ani Rintuh dan sekretaris Rana Muthia Oktari.

Sementara anggota yang tergabung dalam komisi III, yakni Hasan Busyairi, Debora Holdae Veronika Lesa, Arif, Jati Asmoro dan Deby Setiawan.

"Dengan telah terbentuk dan ditetapkannya alat kelengkapan dewan ini, menjadi langkah awal bagi jajaran dewan untuk memaksimalkan kinerja dalam menyerap aspirasi masyarakat sesuai bidang di masing-masing komisi," ujarnya.

Untuk itu politisi partai Golkar ini berharap dengan telah terbentuknya alat kelengkapan dewan ini mampu mempercepat pelaksanaan seluruh agenda DPRD.

Baca juga: Tim dosen UMPR tingkatkan pengelolaan administrasi kependudukan warga

Baca juga: BPBD Kota Palangka Raya pantau debit air sungai di musim hujan

Baca juga: Peserta didik di Kota Palangka Raya diminta waspadai wabah saat musim hujan