Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia harus dijadikan momentum untuk memperkuat persatuan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Jika dulu para pahlawan bersatu untuk merdeka dari penjajah maka saat ini kita harus bersatu untuk merdeka dari pandemi COVID-19. HUT ke-76 RI ini menjadi momen yang tepat untuk itu," kata Fairid di Palangka Raya, Selasa.

Dia juga mengajak seluruh warganya untuk meneladani semangat persatuan dan kebersamaan dalam setiap proses perjuangan yang kini diimplementasikan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sebab, upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi, tak akan maksimal jika seluruh elemen masyarakat tidak terlibat aktif. Setidaknya masyarakat dapat berperan dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat di setiap aktifitas.

"Sesuai tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh' kita harus bersatu dan bergotong-royong untuk meningkatkan derajat kesehatan dan ekonomi kita yang terpuruk karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir," kata Fairid.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait peringatan HUT ke-76 RI yang pada Selasa pagi dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya secara daring dan luring terbatas.

Upacara tersebut hanya diikuti sejumlah pejabat utama dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, perwakilan ASN dari sejumlah instansi setempat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Paskibraka yang bertugas dalam upacara tersebut berjumlah 72 orang yang dibagi menjadi dua tim yakni tim pengibar bendera dan tim yang bertugas menurunkan bendera.

Baca juga: Patung Garuda Pancasila dan Jenderal Soedirman diresmikan saat peringatan HUT RI

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto menambahkan meski di tengah pandemi COVID-19 makna dan semangat peringatan HUT ke-76 Ri tidak boleh berkurang.

"Pemaknaan hari kemerdekaan bangsa ini tetap dapat dilakukan dengan baik meski di tengah pandemi COVID-19. Semangat pahlawan harus kita teruskan sesuai dengan kondisi kita sekarang," kata Sigit.

Dia pun mengajak seluruh warga di "Kota Cantik" selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

Baca juga: Peringati HUT RI, masyarakat Kalteng diajak terus berjuang hadapi pandemi COVID-19

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024