Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, kejuaraan dunia sepeda yakni UCI MTB Eliminator World Cup di Palangka Raya pada 28 Agustus 2022 menjadi sarana tepat mempromosikan produk-produk industri kecil menengah (IKM).
 
Karena ini merupakan agenda internasional, sehingga banyak mengundang perhatian dari berbagai pihak dan berdatangannya tamu luar Kalteng, termasuk dari luar negeri yang terdiri dari atlet, ofisial maupun penonton, kata Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Sabtu.
 
"Di sinilah kesempatan bagi kita mempromosikan sumber daya yang dimiliki baik pariwisata maupun industrinya, tak terkecuali industri kerajinan," terangnya.
 
Berbagai IKM di Kalteng memiliki ragam produk unggulan, di antaranya kerajinan anyaman dari rotan yang diproduksi menjadi tas hingga sepatu, benang bintik dengan banyak motif khas daerah, serta lainnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng usul penambahan frekuensi penerbangan di Bandara Tjilik Riwut
 
Aster menegaskan, Disdagperin selain mendukung juga akan berpartisipasi dalam agenda ini dengan mengikutsertakan para pelaku IKM binaan melalui bazar yang akan digelar dalam kawasan sekitar lokasi kegiatan, maupun tempat-tempat penjualan atau outlet lainnya seperti Central Borneo Souvenir (CBS) Dekranasda Kalteng.
 
"Kami sudah mulai mempersiapkan dan berkoordinasi dengan pelaku usaha IKM serta meminta mereka mempersiapkan diri, misalnya menambah volume atau jumlah barang, variasi barang, maupun tampilan atau kemasan yang lebih bagus sesuai dengan selera atau permintaan pasar," jelasnya.
 
Aster berharap agenda UCI MTB ini dapat berjalan lancar dan aman, sehingga upaya promosi dan penjualan barang barang hasil produksi dari IKM bisa dilakukan dengan optimal, sehingga semakin dikenal maupun diminati masyarakat luas terutama tamu-tamu dari luar daerah dan luar negeri.
 
"Harapannya tentu saja barang-barang yang dipamerkan akan laku terjual sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan bagi para pelaku usaha IKM sehingga dapat memulihkan kembali roda perekonomian di Kalteng," katanya.

Baca juga: Gubernur Kalteng sebut dua minggu ke depan arena kejuaraan dunia sepeda siap digunakan

Baca juga: Pemprov Kalteng siapkan zona integritas sukseskan reformasi birokrasi

Baca juga: Gubernur instruksikan peremajaan aset budaya Kalteng pada TMII

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024