Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, keberadaan situs web Geoportal Laut BERKAH bertujuan untuk mempermudah pelayanan publik di bidang kelautan dan perikanan (KP).
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Senin, mengatakan, situs web ini sebagai salah satu sarana dalam memberikan justifikasi terkait permohonan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL) melalui overlay titik koordinat.
 
"Termasuk menyediakan peta secara daring atau online Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di Kalteng, sebagai informasi terkait potensi investasi yang dapat diakses pelaku usaha maupun calon investor," jelasnya.
 
Dia menjelaskan, Geoportal Laut BERKAH ini memberikan akses kepada pelaku usaha dalam proses KKPRL, serta kepastian proses yang dapat terpantau secara 'realtime' oleh para pelaku usaha.
 
"Jadi ini sangat memudahkan bagi pelaku usaha atau calon investor yang berminat mendapatkan informasi terkait potensi investasi di perairan di wilayah Kalteng. Berbagai informasi dan berita juga bisa diakses secara lebih cepat tanpa terkendala aspek geografis," tuturnya.
 
Lebih lanjut Darliansjah menuturkan, sebagai langkah pengembangan serta penguatan dari situs web tersebut, pihaknya telah melaksanakan pembelakan 'backup' operator, untuk menambah petugas dari sekretariat dan bidang lingkup Dislutkan.
 
"Selain pembekalan, kami juga melaksanakan pelatihan aplikasi GIS dasar untuk meningkatkan kemampuan backup petugas operator Geoportal Laut BERKAH dalam pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG), sehingga diharapkan semua operator dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik,” jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng menggandeng IPB sukseskan PSN Food Estate
 
Dia menegaskan, pengembangan serta penguatan situs web tersebut sebagai bukti nyata Pemprov Kalteng melalui Dislutkan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada bidang kelautan dan perikanan. Hal ini sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.
 
Sehingga berkaitan dengan bidang kelautan dan perikanan di Kalteng, tidak hanya berbicara tentang bagaimana perkembangan hasil produksi, pemanfaatan SDA maupun menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga diimbangi dengan kualitas pelayanan kepada publik yang terus ditingkatkan.

Baca juga: IWAPI Kalteng bantu wanita jadi pengusaha tangguh

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024