Palangka Raya (ANTARA) -
Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rm Antonius Benny Susetyo Pr mengajak seluruh lapisan masyarakat, terkhusus para pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah, agar tak pernah berhenti dan lelah membumikan Pancasila.
 
Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara tidak boleh hanya sekedar kata-kata tetapi harus tercermin dalam setiap tindak tanduk kehidupan berbangsa dan bernegara, kata Rm Benny saat bertemu Pemuka Agama beserta para tokoh Umat Katolik serta Pengurus Pemuda Katolik Komda Kalteng di Palangka Raya, Selasa Malam.
 
"Jadi, pemahaman tentang Pancasila mesti terus digalakkan, termasuk di Kalteng. Apalagi Kalteng sudah sejak lama dijuluki Bumi Tambun Bungai- Bumi Pancasila," ucapnya.
 
Dia pun menjelaskan bahwa BPIP mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, 
melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan 
berkelanjutan, dan melaksanakan penjurusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan.
 
BPIP juga bertugas menyelenggarakan 
pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, Kementerian/Lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. 
 
"Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, perlu peran serta kelompok pemuda dan masyarakat seperti Pemuda Katolik yg memiliki jejaring dr tingkat Nasional sampai tingkat desa maupun kelurahan," kata Rm Benny.

Baca juga: Menpora tak permasalahkan pembinaan Paskibraka kini ditangani BPIP
Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Kalteng Freddy Simamora yg didampingi oleh Seskomda, Ketua Bidang dan Pastor moderator saat bertemu Rm Benny, menyatakan bahwa pihaknya selama ini telah melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
Dirinya juga memastikan bahwa selama ini semua kader Pemuda Katolik di Kalteng, didorong untuk selalu berpegang teguh dalam ideologi bangsa dan menjadi landasan hidup sehari-hari dalam berelasi.
 
"Pemuda Katolik akan selalu siap jika lembaga negara atau pemerintah daerah ingin menggandeng kami dalam mengoptimalkan program-program yang berkaitan dengan pembinaan Ideologi Pancasila," kata Freddy Simamora.

Baca juga: Bumi Pancasila tak ingin sekedar slogan, DPRD Kalteng kunker ke BPIP

Baca juga: Jangan beri izin ormas bertentangan dengan Pancasila, kata BPIP

Baca juga: BPIP RI gaet ratusan pegiat medsos dan blogger gaungkan nilai-nilai Pancasila

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024