Sampit (ANTARA) -
Kecamatan Mentawa Baru Ketapang keluar sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran ke-55 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah sekaligus mempertahankan gelar itu sebelas kali berturut-turut.
 
“Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara. Semoga menjadi berkah dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat,” ucap Wakil Bupati Kotim Irawati di Basirih Hilir, Kamis malam.
 
Ajang MTQ ke 55 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) 2024 tingkat kabupaten yang dibuka oleh Bupati Kotim Halikinnor pada Minggu (7/7) resmi ditutup.
 
Acara penutupan disertai dengan pengumuman juara lomba dipusatkan di Lapangan Bola Persada, Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut Forkopimcam, PHBI, kepala organisasi perangkat daerah dan camat se-Kotim serta tamu undangan lainnya.
 
Irawati menuturkan, ajang MTQ dan FSQ bukan hanya menjadi ajang yang memperlombakan seni-seni Islami, tetapi telah menjadi momentum tepat mempromosikan daerah kecamatan yang menjadi tuan rumah.

Baca juga: Disdik Kotim minta guru aktif di platform Merdeka Mengajar
 
Kecamatan Mentaya Hilir Selatan telah berhasil memikat seluruh kafilah yang datang untuk berlomba dan warga yang menyaksikan kegiatan ini. Walau sederhana namun kegiatan ini memiliki makna yang begitu mendalam.
 
Di akhir pelaksanaan MTQ dan FSQ, tentu ada yang mencapai prestasi yang terbaik maupun yang belum tercapainya prestasi tersebut bagi qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah.

Namun, ia yakin para dewan hakim telah melakukan tugasnya secara baik, dengan tetap mengedepankan nilai nilai profesional. 
 
Irawati pun mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara dan berharap hal ini menjadi berkah dan bermanfaat secara individu maupun bagi masyarakat, Sedangkan bagi yang belum berhasil tak perlu berkecil hati dan harus yakin bahwa Allah telah menyiapkan jalan yang terbaik.
 
“Tetap semangat untuk meraih yang lebih baik, karena keberhasilan yang tertunda jika diterima dengan ikhlas akan menjadi sesuatu yang paling indah,” ucapnya.
 
Dalam kesempatan itu, Irawati mengucapkan terima kasih kepada Camat Mentaya Hilir Selatan selaku panitia penyelenggara bersama bersama anggota yang telah bekerja keras, sehingga MTQ ke 55 dan FSQ 2024 tingkat Kabupaten Kotim berjalan tertib, lancar dan sukses.
 
Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada dewan hakim, dewan juri dan panitera yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, serta camat, LPTQ dan Lasqi se-Kotim atas partisipasinya untuk mengirimkan para kafilah pada MTQ dan FSQ kali ini. 
 
“Meski kegiatan ini telah berakhir, hendaknya pembinaan di semua cabang yang diperlombakan agar terus ditingkatkan secara berkesinambungan,” pesan Irawati.
 
Kecamatan Mentawa Baru Ketapang berhasil menjadi juara MTQ ke 55 Kotim dengan nilai 226, sedangkan juara kedua diduduki oleh Kecamatan Mentaya Hilir Selatan selaku tuan rumah dengan nilai 208 dan juara ketiga ada Pulau Hanaut dengan nilai 77.
 
Tak hanya juara MTQ, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang juga berhasil menjadi juara umum pada ajang FSQ 2024 yang digelar secara bersamaan, dengan nilai 103. Sedangkan di bawahnya ada Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dengan predikat Peringkat I dan nilai 71.
 
Kemudian, Peringkat II diraih Kecamatan Baamang dengan nilai 46 dan Peringkat III diraih Kecamatan Cempaga dengan nilai 37.
 
“Suatu kebanggan bagi kami bisa kembali meraih juara umum, kami bersyukur kepada Allah serta apresiasi kepada seluruh kafilah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang berhasil meraih juara umum baik di MTQ maupun FSQ,” demikian Camat Mentawa Baru Ketapang Irpansyah.

Baca juga: Kotim kebagian enam poslap pengendalian karhutla

Baca juga: Bupati Kotim terima anugerah Kebijakan Satu Peta

Baca juga: Antisipasi dini, PT SSM, PT MAS dan PT GAP gelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan karhutla

Pewarta : Devita Maulina
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024