Palangka Raya (ANTARA) - Bersama dengan Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Palangka Raya, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya melaksanakan senam sehat Prolanis Day dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan Ke-56.

"Kegiatan senam ini dilakukan di area Car Free Day (CFD) dan diikuti lebih dari 100 peserta. Rata-rata merupakan anggota klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis)," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, tujuan senam sehat prolanis tersebut merupakan kampanye atau ajakan bagi seluruh masyarakat agar menjalani pola hidup sehat.

Disamping langkah kuratif dan rehabilitatif, BPJS Kesehatan juga tetap memprioritaskan kegiatan promotif dan preventif dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Melalui senam yang merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-56 BPJS Kesehatan ini, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mulai melakukan pola hidup sehat.

"Khususnya bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menderita penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Perubahan perilaku hidup sehat, merupakan langkah awal dalam upaya promotif dan preventif bagi peserta Prolanis,” kata Hindro.

Hindro pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dalam terselenggaranya Program JKN khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Menurutnya peran dan dukungan dari seluruh pihak merupakan hal penting dalam pencapaian-pencapaian selama 10 tahun pengelolaan Program JKN yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan.

"Dalam satu decade pengelolaan Program JKN yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan khususnya di Kantor Cabang Palangka Raya, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, seluruh pemangku kepentingan atas dukungan yang telah diberikan selama ini," katanya.

Baca juga: Bupati Kotim sampaikan rancangan KUA dan PPAS 2025

Pihaknya pun berharap koordinasi dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini dapat terus berjalan dan terjaga di masa-masa yang akan datang.

Pengelola klub Prolanis Helga Suling menambahkan, terdapat banyak kegiatan dalam klub Prolanis yang biasa diikuti oleh Peserta JKN yang menderita diabetes dan hipertensi.

“maka kegiatan Prolanis ini sangat bagus sekali. Dengan mengikuti Prolanis, maka kesehatan Peserta JKN akan lebih terkontrol untuk selalu berobat ke dokter," katanya.

Para anggota juga akan mendapatkan pemeriksaan rutin di laboratorium secara lengkap, untuk penderita diabetes setiap bulan dan setiap enam bulan, sedangkan untuk penderita hipertensinya setia penambulan juga dilakukan pemeriksaan laboratorium secara lengkap.

"Dalam klub Prolanis juga terdapat kegiatan-kegiatan promotif dan preventif seperti edukasi dan sosialisasi serta kegiatan senam sehat,” jelas Helga.

Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kalimantan Tengah Idayati bersyukur bahwa kegiatan senam Prolanis Day yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan bersama dengan Bapelkes dan PORPI berjalan dengan lancar.

Idayati juga menambahkan bahwa melalui senam pernapasan akan memberikan manfaat serta dapat menyuplai oksigen kepada organ-organ tubuh seperti paru-paru, jantung, ginjal, dan pankreas.

“Alhamdulillah, kegiatan senam kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Bapelkes dan PORPI DPD Palangka Raya ini bisa terlaksana dengan baik, lancar dan sukses atas dukungan dari masyarakat di sekitar sini, diantaranya adalah dari puskesmas, Prolanis, serta anggota PORPI yang begitu antusias dan luar biasa," katanya.

Baca juga: FKUB Kotim deklarasi dukung dan sukseskan Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Kotim berharap kedatangan mahasiswa KKN bantu kemajuan desa

Baca juga: Kerusakan jalan lingkar selatan Sampit timbulkan banyak kerugian

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024