Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 735 Kader Posyandu di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Jambore tingkat Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DISDALDUKBP3APM) Kota Palangka Raya Fitiyanto Laksono di Palangka Raya, Rabu mengatakan, Jambore Kader Posyandu ini diikuti pada kader dari berbagai kelurahan di kota setempat.

"Jambore ini kami laksanakan sebagai sarana untuk memperkuat komitmen dalam mensukseskan program posyandu," katanya.

Kemudian juga untuk meningkatkan motivasi Kader Posyandu dalam melaksanakan pelayanan kesehatan masyarakat. Meningkatkan kapasitas kader posyandu berprestasi yang unggul untuk terselenggaranya kegiatan Posyandu.

"Ini juga sebagai ajang silaturahmi antar kader posyandu se Kota Palangka Raya," kata Fitriyanto.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian, prestasi kerja, dan atau inovasi serta peran serta aktif kader posyandu dalam mendorong keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat.

Baca juga: Ilmu Komunikasi UMPR buka penerimaan mahasiswa baru Program RPL

"Jambore ini dimeriahkan dengan lomba defile kader posyandu, cerdas cermat, penyuluhan, cipta menu sehat atasi stunting (CINTA ASI) MPASI Baduta 6–24 Bulan berbasis pangan lokal dan lomba aksi mengukur dan menimbang balita (AKU SI BALITA)," katanya.

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, kader posyandu adalah kader kesehatan yang berasal dari warga masyarakat yang dipilih masyarakat oleh masyarakat serta bekerja dengan sukarela untuk membantu peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kerja posyandunya.

Kader posyandu adalah kader yang berperan dan bertugas di posyandu dengan kegiatan rutin setiap bulannya melakukan empat langkah pelayanan dari lima pelayanan di Posyandu.

Dia mengatakan, kader posyandu merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan dan melakukan penyuluhan, cipta menu serta penggerakan sasaran posyandu.

"Jambore Kader Posyandu yang kita laksanakan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Kota Palangka Raya dan akan menjadi program tahunan yang akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya," kata Hera.

Baca juga: 105 guru dan kepsek SMK se-Kota Palangka Raya ikuti seminar kompetensi

Baca juga: DPRD harapkan realisasi PAD Kalteng melebihi target

Baca juga: PLN UID Kalselteng raih lima penghargaan CSR Award 2024

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024