Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah gencar melaksanakan Gerakan Sekolah Sehat di satuan pendidikan yang berada di daerah setempat.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Minggu, mengatakan Disdik berkomitmen mendukung gerakan sekolah sehat sebagai upaya menciptakan generasi yang tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga cerdas dan berkarakter.

"Saya menilai gerakan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan siswa di lingkungan sekolah. Karena program gerakan sekolah sehat dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap satuan pendidikan di daerah setempat," kata Vico.

Vico menuturkan, bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya menekankan pentingnya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat sebagai fondasi untuk pembelajaran yang optimal. Kesehatan siswa dan siswi adalah kunci untuk mencapai prestasi akademik yang baik. Dengan sekolah yang sehat bisa menciptakan generasi yang lebih baik kedepannya.

Langkah tersebut juga meliputi peningkatan fasilitas kesehatan, artinya sekolah didorong untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, seperti ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan akses terhadap tenaga medis.

Baca juga: Pemerintah diminta tangkal hoaks selama Pilkada 2024

"Edukasi kesehatan dengan mengintegrasikan pendidikan kesehatan ke dalam kurikulum, termasuk pengetahuan tentang pola hidup sehat, gizi, dan kebersihan diri," ucapnya.

Kemudian itu, Disdik juga akan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan bahwa program ini berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi siswa.

"Dengan dukungan dari Disdik dan partisipasi aktif dari semua pihak, gerakan sekolah sehat diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan siswa secara optimal, membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan," bebernya.

Vico menambahkan, gerakan ini merupakan upaya nyata yang diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Palangka Raya, mulai dari tingkat TK, SD dan SMP. Gerakan ini menunjukkan sinergisitas dan kolaborasi untuk mewujudkan tujuan bersama.

"Jadi secara keseluruhan, edukasi dari keluarga, sekolah, penyediaan makanan bergizi dan pemahamannya didukung dengan pendidikan kesehatan. Gerakan ini membantu juga membentuk anak-anak yang tidak hanya sehat, tetapi juga cerdas dan kuat," demikian Vico.

Baca juga: DPRD Palangka Raya siapkan pembentukan AKD

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta pertahankan keterbukaan publik

Baca juga: Cegah kenakalan, organisasi kemahasiswaan dan ekstrakurikuler harus lebih digiatkan

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024