Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery menekankan kepada pemerintah kota, agar dapat menjaga dan lebih konsisten terhadap keterbukaan publik di daerah ini.

"Keterbukaan publik ini sangat penting dan merupakan bentuk pemerintahan yang transparan kepada masyarakat, terkait jalannya program-program pemerintah," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya menjelaskan, bahwa keterbukaan publik ini sangat penting dilakukan sebagai wujud nyata dari pemerintah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Ia mengungkapkan, bahwa dengan adanya keterbukaan publik, masyarakat dapat melihat dan mengetahui apa yang dilakukan oleh Pemko Palangka Raya dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Masyarakat bisa melihat langsung bagaimana kinerja Pemko Palangka Raya dalam berbagai bidang, seperti pembangunan, pelayanan publik, dan penganggaran," ucapnya.

Selain itu, Khemal juga berharap bahwa keterbukaan publik dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Dalam hal ini, masyarakat dapat memberikan saran dan masukan yang diharapkan secara baik dan santun kepada Pemerintah Kota Palangka Raya.

Baca juga: Cegah kenakalan, organisasi kemahasiswaan dan ekstrakurikuler harus lebih digiatkan

"Dengan adanya masukan dari masyarakat, diharapkan Pemerintah Kota Palangka Raya dapat lebih responsif dan efektif dalam menjalankan pemerintahan," ujarnya.

Politisi partai Golkar ini juga menekankan, hasil dari berbagai saran, masukan serta kritik dari masyarakat tersebut tentunya harus dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah dalam menjalankan program. Hal tersebut juga berkenaan dengan memastikan program-program pemerintah yang dijalankan untuk masyarakat telah efektif atau tidak.

"Tujuan kita semua adalah bagaimana memberikan yang terbaik, baik itu program, pelayanan dan sebagainya untuk masyarakat. Jadi kalau masyarakat merasa itu belum maksimal, harus ada evaluasi," demikian Khemal.

Baca juga: Legislator Palangka Raya minta Porprov jadi barometer peningkatan kualitas olahraga

Baca juga: DPRD tekankan pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus

Baca juga: Pemko Palangka Raya diminta berkelanjutan atasi permasalahan gas elpiji bersubsidi

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024