Kuala Kurun (ANTARA) -
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Baryen menyatakan, pengerjaan rekonstruksi ruas jalan antarkecamatan yakni dari Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya menuju Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang sudah mencapai 46 persen.
 
“Tahun 2024 ini ada anggaran belasan miliar rupiah untuk rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin, yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik Pengembangan Food Estate. Perkembangannya sejauh ini sudah mencapai sekitar 46 persen,” ucapnya di Kuala Kurun, Kamis.
 
Masih terkait ruas jalan antarkecamatan, DPU Gumas juga melakukan rekonstruksi ruas jalan Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun menuju Tumbang Empas, dengan anggaran sekitar Rp3,4 miliar. Perkembangannya sejauh ini mencapai sekitar 18 persen.
 
Dia menjelaskan, kondisi cuaca beberapa bulan terakhir terbilang cukup mendukung yakni jarang terjadi hujan. Hal itu membuat pengerjaan rekonstruksi sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Pemkab Gumas komitmen wujudkan percepatan akses sanitasi layak dan aman
 
Dia pun optimis semua pengerjaan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas dan Tumbang Empas-Sepang Simin bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta selesai di Desember 2024.
 
Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden bersama Kepala DPU dan jajaran telah meninjau langsung pengerjaan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas dan Tumbang Empas-Sepang Simin, pada Juli 2024 lalu.
 
Herson menegaskan, dirinya memberi perhatian serius terhadap pengerjaan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas dan Tumbang Empas-Sepang Simin, karena ruas jalan tersebut merupakan ruas jalan alternatif.
 
Artinya, tutur dia, jika ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya mengalami kemacetan, maka masyarakat dapat menggunakan ruas jalan Tumbang Miwan-Sepang Simin untuk mobilitas barang maupun orang.
 
“Saya harap nantinya jalan ruas tersebut bisa berfungsi dengan baik, saat menjelang perayaan natal dan tahun baru,” demikian Herson.

Baca juga: Legislator Gumas: Lindungi anak dari kejahatan seksual dengan pendidikan sejak dini

Baca juga: Sekda Gunung Mas lantik tujuh pejabat fungsional

Baca juga: Gebyar Anak jadi wadah meningkatkan kreativitas generasi muda di Gumas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024