Sampit (ANTARA) - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Shalahuddin mengajak seluruh elemen masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya menghadapi Pilkada 2024.

Nilai-nilai Pancasila itu harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, kata Shalahuddin saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh instansi pemerintah maupun vertikal di halaman Kantor Bupati Kotim, Selasa.

"Di mana salah satunya adalah tentang persatuan yang sangat kita butuhkan, terutama menghadapi suasana Pilkada ini," tambahnya.

Shalahuddin menuturkan, Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Salah satu cara untuk menghargai jasa para pahlawan itu ialah dengan senantiasa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terutama menghadapi Pilkada saat ini, nilai persatuan yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila sangat dibutuhkan.

Perbedaan pilihan dalam pemilu adalah hal yang biasa dan jangan sampai hal tersebut justru merusak persatuan di kalangan masyarakat. Ia pun mengingatkan, bahwa ada hal yang harus dijunjung di atas kemenangan pemilu, yakni kepentingan bangsa dan negara.

"Ingat, kepentingan bangsa dan negara yang utama. Jangan melihat kepentingan pribadi atau kepentingan partai. Masing-masing partai maupun pasangan calon pasti ingin menang, tapi jangan sampai mengabaikan kepentingan bangsa dan negara," tegasnya.

Baca juga: Pemkab Kotim bantu logistik hingga pembangunan rumah korban kebakaran

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah ini pun meminta, seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat untuk saling bersinergi untuk menjaga keamanan dan keamanan selama Pilkada. Apalagi Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati pada 1 Oktober 2024 ini mengangkat tema Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.

Sesuai dengan tema itu pula, Shalahuddin berharap momentum ini menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat untuk terus memupuk semangat persatuan dan tekad demi mencapai cita-cita besar bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Momentum ini kami juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dan memiliki komitmen yang sama bersama pemerintah daerah untuk membangun Kotim ke arah yang lebih baik, maju, damai dan sejahtera," demikian Shalahuddin.

Baca juga: Bawaslu Kotim: Peran media penting untuk lawan hoax jelang Pilkada

Baca juga: DPRD Kotim paripurnakan pimpinan definitif periode 2024-2029

Baca juga: Polres Kotim siagakan pengamanan logistik Pilkada 1x24 jam

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024