Kasongan (ANTARA) - Dari hasil rapat paripurna ke-2 masa persidangan 1 tahun sidang 2024 dalam rangka usulan peresmian pengangkatan pimpinan atau Ketua definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan, masa jabatan 2024-2029, Marwan Susanto kembali terpilih memimpin DPRD Katingan.

Sekretaris DPRD Katingan Kabul Mustiman, saat membacakan surat keputusan Dewan di Kasongan, kemarin, mengatakan bahwa pengangkatan Marwan Susanto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selaku Ketua Defenitif berdasarkan surat keputusan (SK) nomor 15 tahun 2024 tanggal 30 September 2024, tentang usulan peresmian pengangkatan pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Katingan masa jabatan 2024-2029.

"Pengajuan nama Marwan Susanto berdasarkan surat dari Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan terkait pengesahan dan penetapan pimpinan DPRD Katingan," ucapnya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua Sementara DPRD Katingan Yudea Pratidina, didampingi Wakil Ketua I Nanang Suriansyah dan dihadiri dari anggota Dewan dan pihak Eksekutif serta tamu undangan yang hadir.

SK tersebut ditandatangani Ketua Sementara DPRD Katingan Yudea Pratidini, dan selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris Daerah Katingan Pransang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Katingan untuk disampaikan ke Gubernur Kalimantan Tengah agar segera disetujui.

Sebelumnya juga sudah dilaksanakan rapat paripurna usulan Wakil Ketua I DPRD Katingan atas nama Nanang Suriansyah dari partai Golkar dan Wakil Ketua II DPRD Katingan atas nama Wiwin Susanto dari Partai PKB. Terkait usulan Ketua Definitif DPRD Katingan.

Sementara itu, Marwan Susanto, menegaskan menyerahkan seluruh proses tersebut melalui Pemerintah Kabupaten Katingan yang selanjutnya akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu gubernur.

Baca juga: Bawaslu ingatkan seluruh Kepala desa di Katingan harus Netral di pilkada 2024

"Jadi kita menunggu saja, mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama. Terkait apakah sempat atau tidaknya proses pembahasan APBD murni tahun 2025, kita lihat aja nanti prosesnya," ucap mantan Ketua DPRD Katingan periode 2019-2024.

Dia mengatakan sebagai kader Partai PDI Perjuangan tentunya akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terutama menjadi keterwakilan rakyat untuk menyampaikan berbagai aspirasi kepada Pemerintah agar masuk dalam berbagai program pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan, program bidang kesehatan, Pendidikan, Sosial dan lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada partai yang sudah mempercayai untuk kembali sebagai Ketua. Amanah ini pasti dijalankan sebaik-baiknya dalam rangka menerima aspirasi masyarakat khusus di Bumi Penyang Hinje Simpei," pungkasnya.

Baca juga: SSGI penting untuk dapatkan data status gizi masyarakat di Katingan

Baca juga: Pemkab Katingan usulkan relokasi rumah sakit masuk RPJMN

Baca juga: Pemkab Katingan dukung Bank Kalteng terus meningkatkan layanan

Pewarta : Naslee/Rendhik Andika
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024