Petenis Prancis Gael Monfils tampil mengesankan

id Petenis Prancis Gael Monfils tampil mengesankan

 Petenis Prancis Gael Monfils tampil mengesankan

Petenis Prancis Gael Monfils (FOTO ANTARA/REUTERS/Christinne Muschi/ox/11.) istimewa

Saya merasa sehat 100 persen
Doha (ANTARA News) - Gael Monfils, mantan petenis nomor tujuh dunia dari Prancis yang kariernya terhambat karena cedera kaki, tampil dengan mengesankan ketika maju ke babak perempat final turnamen Qatar Terbuka.

Pemain itu melorot ke peringkat 77 dunia dan selama dua setengah bulan tidak turun lapangan, namun ia amat lincah dan penuh motivasi ketika mengalahkan unggulan ketiga dari Jerman, Philipp Kohlschreiber, 6-4, 2-6, 6-4 dalam waktu dua jam.

Ini menunjukkan bahwa Monfils sudah keluar dari situasi cedera kronis yang menimpanya selama ini. Pemain berusia 26 tahun itu memiliki kecepatan tinggi, melancarkan servis dengan bagus dan bermain penuh inspirasi menjelang maju ke turnamen Grand Slams.

"Saya tidak tahu apa yang saya harapkan (dari diri saya sendiri), tapi saya merasa bermain tenis dengan bagus," kata Monfils.

"Kaki saya baik dan dapat bergerak cepat dan saya bisa berlari. Saya amat gembira. Malam ini saya bermain amat bagus," ujarnya, seperti yang dikutip dari AFP.

Monfils tampil mirip dengan tiga setengah bulan lalu ketika ia bertanding di Metz mengalahkan Kohlschreiber, 20 besar dunia, dan tujuh setengah bulan lalu ketika ia mengalahkan rekan senegaranya Gilles Simon, yang kemudian jadi petenis urutan 12 dunia, di Montpellier.

Kali ini ia lebih taktis dan memiliki konsistensi tinggi saat turun lapangan di Doha.

"Pada awalnya saya agak khawatir ketika ia (Kohlschreiber) memukul bola dengan keras tapi saya mengubah taktik saya," katanya.

"Saya menurunkan irama permainan agar saya memiliki waktu untuk membaca permainannya, kemudian mengubah taktik agar dapat mengatasi tekanannya," katanya.

Sedangkan Kohlschreiber secara kontras memaksakan diri terus menyerang dan hal itu merugikannya karena akhirnya banyak melakukan kesalahan, terutama pada akhir permainan.

Monfils pada laga delapan besar, Kamis, akan bertemu dengan petenis Jerman lainnya, Daniel Brands, petenis kualifikasi di luar urutan 150 besar dunia.

Ia juga kemungkinan akan bertemu dengan rekan senegaranya, unggulan kedua Richard Gasquet, yang sempat kecolongan 2-5, namun akhirnya mengungguli Grega Zemlja dari Slovenia di luar urutan 50 besar dunia, setelah berlaga selama dua jam 44 menit.

(A008/A011)