Interpol usut hilangnya permata di Festival Cannes

id berlian

 Interpol usut hilangnya permata di Festival Cannes

Ilustrasi berlian biru setelah dipotong dan digosok. Berlian biru bernilai lebih tinggi ketimbang berlian biasa walau tetap dinilai berdasar kriteria carat, cut, clarity, dan colour.(takaradiamond.com)Ist

Paris (ANTARA News) - Polisi Prancis awal pekan ini menarik perhatian global dengan meminta bantuan Organisasi Polisi Kriminal Internasional (Interpol) untuk mencari kalung berlian yang dicuri pekan lalu selama festival film Cannes.

Perhiasan yang dicuri pada 22 Mei itu "adalah salah satu dari 20 permata yang dipamerkan di bawah pengawasan penjagaan keamanan ketat saat dicuri," kata Interpol dalam satu pernyataan.

"Berlian dan kalung emas merah muda itu diperkirakan senilai 1,92 juta euro (2,48 juta dolar AS), telah dicuri selama pesta pribadi di Hotel Eden Roc di Antibes, Prancis, yang diselenggarakan oleh toko perhiasan Swiss Di Grisogono," tambah Ibterpol.

Atas permintaan pihak berwenang Prancis, Interpol telah mengeluarkan Maklumat Ungu kepada kepolisian di 190 negara anggotanya, meminta mereka untuk melaporkan kepada polisi setempat atau nasional atau Sekretariat Jenderal Interpol di Lyon, Prancis, untuk setiap petunjuk mengenai pencurian atau keberadaan barang yang dicuri ketika ditemukan.

Maklumat Ungu digunakan untuk mencari atau memberikan informasi tentang modis operandi, benda, perangkat dan metode penyembunyian yang digunakan oleh penjahat.