Jelang Piala Eropa, Inggris Perlu Rooney Untuk Kembali Cetak Gol

id Jelang Piala Eropa, Inggris Perlu Rooney Untuk Kembali Cetak Gol, Roy Hodgson

Jelang Piala Eropa, Inggris Perlu Rooney Untuk Kembali Cetak Gol

Manajer tim nasional Inggris, Roy Hodgson (Reuters / John Sibley Livepic)

Saya pikir ia menanganinya dengan sangat brilian"
London (Antara Kalteng) - Pelatih timnas Inggris Roy Hodgson memberi penghormatan kepada Wayne Rooney pada Jumat setelah melalui tahun dengan mengukir pencapaian bagus, namun mengatakan bahwa sang penyerang harus tetap tampil baik untuk klub dan timnas menjelang Piala Eropa 2016.

Rooney (30), menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Inggris ketika ia mengonversi penalti saat melawan Swiss pada September, untuk melampaui rekor 49 gol milik Bobby Charlton yang telah bertahan lama.

Hodgson, yang membawa Inggris tampil sempurna di kualifikasi Piala Eropa dengan sepuluh kemenangan dari sepuluh pertandingan, memuji sikap Rooney dalam mengatasi tekanan dan ketertarikan media terkait dengan rekor itu.

"Saya pikir ia menanganinya dengan sangat brilian," kata Hodgson kepada Sky Sports News HQ.

"Saya pikir ia menangani komentar-komentar pers di sekitarnya sebelum memecahkan rekor dengan sangat baik. Tentu saja itu penalti itu berguna. Itu adalah penalti yang penting dan saya pikir itu memperlihatkan betapa berdedikasinya ia terhadap profesinya."

Bagaimanapun, kapten Inggris itu menjalani peruntungan yang berbanding terbalik bersama Manchester United, hanya mencetak dua gol dari 13 pertandingan di Liga Utama Inggris, ketika Setan Merah terlempar dari empat besar untuk menambah penderitaan mereka setelah sebelumnya tersingkir dari Liga Champions.

Hodgson meyakini Rooney dapat mengembangkan peran kepemimpinannya di timnas Inggris, memberi contoh yang bagus kepada pemain-pemain muda, namun pelatih "The Three Lions" itu menegaskan bahwa sang penyerang juga perlu tampil baik di atas lapangan.

"Hal terpenting untuk dia sejauh ini yang saya cermati adalah ia terus bermain baik untuk Manchester United, bermain baik untuk Inggris ketika kami memiliki dua pertandingan bersama-sama, dan bahwa ia tetap memimpin dengan contoh di lapangan," tambah Hodgson.

"Tidak masalah betapa bagusnya pekerjaan ia untuk kami di luar lapangan perihal menjadi mentor bagi para pemain muda. Kami benar-benar perlu ia menjadi Wayne Rooney di atas lapangan yang mencetak gol demi gol, mengukir gol-gol, dan dengan hasrat dan komitmennya memimpin kami menuju ke depan," demikian Hodgson dikutip AFP.