Pemkab Seruyan Akan Bangun Taman Hutan Raya

id DLH seruyan, tahura seruyan, tahura, hutan kalteng

Pemkab Seruyan Akan Bangun Taman Hutan Raya

Hutan di wilayah Kalteng. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan membangun Taman Hutan Raya (Tahura) di wilayah Kecamatan Hanau.

"Tahura rencananya akan dibangun di wilayah perbatasan antara Camp Saluang Mas Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Seruyan dengan Perusahaan Sawit PT Wanasawit II," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Seruyan Priyo Widagdo di Kuala Pembuang, Jumat.

Priyo yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan invetarisasi lahan beserta potensi yang terdapat pada rencana kawasan Tahura.

"Status kawasan yang rencananya menjadi tempat dibangunnya Tahura adalah Hutan Produksi (HP), dan untuk luasannya masih kita hitung," katanya.

Ia menjelaskan, secara umum Tahura adalah kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman.

Tahura juga merupakan kawasan lindung yang dikategorikan sebagai hutan konservasi bersama-sama dengan cagar alam, suaka margasatwa, taman nasional, taman wisata alam dan taman buru.

Kemudian, Tahura juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan dan peningkatan kesadartahuan konservasi, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

"Kalau sudah dikelola dengan baik, Tahura juga dapat dimanfaatkan untuk pembinaan populasi melalui penangkaran dalam rangka pengembangbiakan satwa atau perbanyakan tumbuhan secara buatan dalam lingkungan yang semi alami," katanya.

Ia menambahkan, meski dikategorikan sebagai kawasan lindung, namun Tahura dapat tetap dimanfaatkan kegiatan komersial seperti tempat rekreasi dan pariwisata.

"Sehingga keberadaan Tahura bukan hanya dimanfaatkan untuk pelestarian alam tapi juga dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar," katanya.