DLHK Seruyan upayakan setiap kecamatan miliki TPA

id Dlh seruyan, adhian noor, kuala pembuang, kalteng, tpa, tempat pembuangan akhir, kecamatan

DLHK Seruyan upayakan setiap kecamatan miliki TPA

Plt Kepala DLHK Seruyan Adhian Noor di Kuala Pembuang, (11/2/2022). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Adhian Noor mengatakan, pihaknya berupaya agar seluruh kecamatan bisa memiliki Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

“Kami berharap ke depan setiap kecamatan di Seruyan bisa memiliki TPA masing-masing. Semoga bisa kita capai nanti, karena hal ini sangat penting untuk menampung sampah-sampah yang dihasilkan,” kata Adhian di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, peran TPA sendiri sangat penting bagi keamanan lingkungan serta makhluk hidup, dengan melakukan berbagai macam upaya seperti daur ulang sehingga sampah tersebut dapat dimanfaatkan kembali.

Lanjut dia menyampaikan, saat ini Seruyan memang baru memiliki dua TPA besar yaitu di Kecamatan Seruyan Hilir Timur dan Hanau. Memang ada delapan kecamatan lagi yang belum memiliki, makanya hal tersebut akan pihaknya upayakan agar bisa terbentuk.

“Semoga saja nanti kita bisa capai bukan hanya di dua wilayah ini saja, tapi di seluruh kecamatan nantinya akan ada TPA masing-masing,” harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini tentu saja dimaksudkan untuk memperluas lingkup penanganan sampah yang ada di Seruyan dan pastinya lingkungan di wilayah ini bisa bersih dan nyaman.

Dia menambahkan untuk menciptakan kebersihan lingkungan dari sampah, tidak hanya dibangunkan TPA saja, akan tetapi peran dari masyarakat juga diperlukan seperti bisa memanfaatkan sampah sayur-sayuran untuk membuat pupuk kompos dan juga membuat kerajinan berbahan plastik

“Peran kita sebagai masyarakat harus bisa menciptakan dan mengolah berbagai macam daur ulang dari sampah yang kita hasilkan masing-masing, sehingga hal tersebut sangat membantu untuk menciptakan lingkungan Seruyan bersih dari sampah,” tutupnya.