Pemkab seruyan gelar lomba masak serba ikan

id Pemkab Seruyan,Lomba Masak,Kuala Pembuang

Pemkab seruyan gelar lomba masak serba ikan

Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Leonard S Ampung didampingi isteri Florentin Natalin yang juga Ketua TP PKK Seruyan saat mencicipi hasil masakan dalam lomba masak serba ikan. (Foto Antara Kalteng / Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang, (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti perwakilan sepuluh kecamatan di kabupaten ini.

Perlombaan kerja sama antara Dinas Perikanan (Diskan) dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Seruyan dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Seruyan di Kuala Pembuang, Selasa.

Ketua TP PKK Seruyan Natalin Florentin mengatakan, kegiatan lomba masak serba ikan bertujuan untuk meningkatkan akselerasi mengkonsumsi ikan di kalangan masyarakat, sekaligus sebagai upaya menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di kalangan masyarakat Seruyan.

"Tujuan ini sesuai dengan tema lomba `Melalui lomba masak serba ikan kita sukseskan Gemarikan sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat untuk membentuk generasi sehat dan cerdas`," katanya.

Natalin yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Seruyan menambahkan, kegiatan lomba juga mendorong warga berinovasi untuk menciptakan menu-menu baru berbahan dasar ikan.

"Dengan tercipta menu-menu baru berbahan dasar ikan, maka mengkonsumsi ikan sehari-hari jadi tidak jenuh atau membosankan," kata dia.

Ia menilai, Seruyan memiliki potensi perikanan yang sangat besar baik dalam perikanan tangkap maupun perikanan budi daya.

Potensi perikanan yang melimpah ini tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, salah satunya dengan inovasi menciptakan berbagai makanan berbahan ikan, ujar dia.

Menurutnya, ikan yang diolah menjadi hidangan menarik tanpa mengabaikan mutu, higienitas, dan nilai gizi dapat menarik minat masyarakat, khususnya anggota keluarga untuk lebih banyak dan gemar mengkonsumsi ikan.

"Selain menyehatkan, dengan mendorong peningkatan konsumsi ikan, berarti permintaan ikan semakin naik, sehingga akan mendorong produksi dan pemasaran yang secara keseluruhan akan menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya nelayan," katanya.

Adapun juara lomba, yakni juara I diperoleh TP PKK Kecamatan Hanau, juara II TP PKK Kecamatan Danau Seluluk, juara III TP PKK Kecamatan Seruyan Tengah.

Sedangkan untuk juara harapan I diperoleh TP PKK Kecamatan Danau Sembuluh, juara harapan II TP PKK Kecamatan Batu Ampar, dan juara harapan III TP PKK Kecamatan Seruyan Raya.