Masyarakat Kotim diminta pelihara keamanan bersama

id Masyarakat kotim,pelihara keamanan ,polres kotim,Kapolres Kotim, AKBP Muhammad Rommel ,cinta damai

Masyarakat Kotim diminta pelihara keamanan bersama

Ilustrasi. (slarang kidul - WordPress.com)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah meminta masyarakat di daerah setempat memelihara keamanan bersama.

Kapolres Kotim, AKBP Muhammad Rommel di Sampit, Rabu mengatakan, dalam menjaga dan memelihara keamanan bersama juga harus meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat harus menjaga keamanan lingkungan masing-masing, saling menghargai satu sama lain, dan selalu menjaga silaturahmi, ujarnya.

Menurut Romel, dengan adanya kewaspadaan dan saling toleransi diharapkan kemanan lingkungan bisa lebih kondusuif.

"Diharapkan masyarakat juga mencurigai setiap pendatang baru di lingkungannya. Peran RT dan RW sangat penting dalam mendeteksi setiap pendatang baru di wilayahnya," ucapnya.

Dengan kewaspadaan yang tinggi dibarapkan dapat mencegahnya masuknya terorisme di wilayah Kotawaringin Timur.

"Apabila menemukan hal yang mencurigakan di lingkungannya saya minta masyarakat segera melaporkan ke RT/RW atau ke polisi," tegasnya.

Lebih lanjut Rommel juga meminta kepada masyarakat untuk tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, karena hal itu dapat mengundang tindak kriminal.

"Kondisi rumah dalam keadaan kosong akan dimanfaatkan pencuri menguras harta benda masyarakat. Jika ingin bepergian hendaknya menitipkan rumah ke tetangga atau aparat keamanan lingkungan," jelasnya.

Rommel juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik lebaran untuk tidak lupa mencabut gas, dan mematikan aliran listrik yang tidak digunakan serta menitipkan rumah kepada keamanan lingkungan.