Ternyata ini penyebab munculnya komedo

id komedo,penghilang komedo,penyebab komedo,jerawat,kulit

Ternyata ini penyebab munculnya komedo

Ilustrasi - Komedo. (iStock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Komedo menajdi salah satu permaslahan yang muncul di permukaan kulit dan membuat kulit terlihat kasar. Apa dan bagaimana bisa terbentuk komedo, dan bagaimana cara menghilangkannya?

Dermatologist Nava Greenfield dari Schweiger Dermatology Group menjelaskan, komedo adalah penumpukan keratin dan minyak dari kelenjar keringat di dalam folikel rambut.

Ada dua jenis komedo, yakni whitehead (komedo putih) dan blackhead (komedo hitam). Keduanya merupakan jenis jerawat kecil yang biasanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Baca juga: Tahukan Anda Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Picu Jerawat, Ini Penjelasan Ahli

Perbedaannya, whitehead terletak di dalam kulit sehingga tidak mengalami oksidasi dengan udara. Sedangkan blackhead, berada di luar permukaan kulit sehingga keratin dan sebum teroksidasi yang menyebabkan warnanya menghitam.

Komedo bisa saja dihilangkan sendiri di rumah. Tapi penanganannya haruslah tepat.

"Kalau teknik pembersihannya tidak steril, bisa terjadi infeksi di kulit. Memencet komedo juga bisa menimbulkan bekas luka yang sulit, perlu waktu lama dan biaya yang mahal untuk menghilangkannya,"ujar Nava, seperti dikutip dari Elle.

Cara terbauk untuk menghilangkan komedo adalah ke dokter atau klinik kecantikan dengan tenaga profesional. Mereka tentu sudah punya alat-alat steril, obat dan pengetahuan yang benar dalam menghilangkan komedo.

Tindakan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah perawatan untuk mencegah komedo bertambah banyak. Nava menyarankan untuk memakai produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid.

Bahan aktif tersebut dapat mencegah pembentukan komedo dan membantu mengurangi terbentuknya komedo.

"Kadang juga membantu mencegah pori-pori dan komedo membesar," tambah Nava.

Kalau komedo sudah terlanjur terbentuk, Nava menyarankan beberapa produk yang bisa mengatasinya.

"Coba gunakan pembersih muka dan pelembap yang mengandung retinoid dan glycolic acid. Retinoid dapat menyeimbangkan produksi minyak serta membantu menstabilkan pergantian sel di wajah sehingga membantu mengontrol pembentukan komedo," pungkasnya. 

(hst/agm)