Begin cara cegah bopeng bekas jerawat

id bopeng,jerawat,bekas jerawat,komedo

Begin cara cegah bopeng bekas jerawat

Ilustrasi (shutterstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bopeng memang tidak membahayakan Anda. Namun, hal ini biasanya bisa menurunkan kepercayaan diri Anda karena malu dengan kondisi kulit wajah yang tidak rata.

Agar Anda tidak perlu repot dan pusing memikirkan perawatan apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, cara terbaiknya ialah dengan mencegah kemunculannya. Ini dia yang perlu Anda lakukan.

Baca juga: Benarkah kunyit bisa sembuhkan jerawat?
Baca juga: Kulit semangka ternyata mampu sebagai gel anti jerawat


Rajin cuci muka
Cuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari membantu mencegah timbulnya jerawat yang bisa menyebabkan skar akne baik atrofik maupun hipertrofik. Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoil peroksida dan sulfur yang mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Jangan memencet jerawat
Ini dia kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan untuk sebagian orang, memencet jerawat. Jika tidak ingin memiliki bopeng bekas jerawat di kulit wajah Anda, jangan sekali-kali memencetnya saat sedang meradang apalagi dengan tangan yang kotor. Sebaiknya, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur.

Akan tetapi, jika jerawat tidak kunjung kempes segera kunjungi dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat sesuai jenis jerawat yang  Anda miliki.

Pakai tabir surya
Menghindari paparan sinar UV berlebih dari matahari dengan tabir surya menjadi salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah bopeng yang telah ada menjadi semakin kurang enak dilihat. Pasalnya, sinar UV dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat menjadi lebih gelap dan memperparah luka cekungan pada bopeng.

Baca juga: Ternyata ini penyebab jerawat dalam hidung
Baca juga: Ternyata ini penyebab munculnya komedo
Baca juga: Ternyata ini bahaya oleskan pasta gigi ke jerawat



sumber: hellosehat.com