Ternyata ini penyebab jerawat dalam hidung

id Hidung,jerawat,infeksi,bakteri

Ternyata ini penyebab jerawat dalam hidung

ilustrasi (Pixabay/EME)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Selain rasa nyeri, jerawat di dalam hidung juga bisa menandakan ada yang salah dari kondisi tubuh Anda, di antaranya adalah kurang menjaga kebersihan dan infeksi bakteri. Mari simak apa saja yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di dalam hidung

1. Infeksi akibat rambut tumbuh ke dalam
Jerawat di dalam hidung bisa disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam kulit alias ingrown hair. Kulit melihat rambut ini sebagai penyerbu asing yang harus dilawan. Akibatnya, kulit pun bereaksi hingga menyebabkan kemerahan, bengkak, dan terkadang muncul nanah. Benjolan yang dihasilkan bisa terlihat sangat mirip seperti jerawat.

2. Nasal vestibulitis
Nasal vestibulitis merupakan kondisi yang juga dikenal sebagai folikulitis. Kondisi ini dapat membuat benjolan hidung jadi merah meradang dan berisi cairan nanah atau darah. Terkadang, kondisi ini sering disebabkan oleh bakteri Staphylococcus (staph).

Kebiasan buruk yang sering menimbulkan kondisi nasal vestibulitis ini adalah sering meniup hidung atau pun mengupil dengan keadaan tangan yang kotor.

3. Tindik hidung
Tindikan di hidung bisa menyebabkan infeksi dan bisa menyebabkan munculnya jerawat di bagian dalam hidung. Selain itu, jerawat dalam hidung juga akan membengkak, meradang, nyeri dan bahkan bisa menimbulkan jerawat yang berisi nanah.

Perlu diperhatikan juga jika Anda berniat untuk menindik di bagian hidung. Cari dan periksa dulu studio tindik yang ingin Anda gunakan jasanya. Perhatikan standar kebersihan, seberapa profesional terapisnya, bila perlu lihat apakah studio tindik tersebut memiliki sertifikat menindik atau tidak. Ini dilakukan guna mencegah adanya komplikasi pada hidung Anda sehabis melakukan piercing atau tindik.

4. Trombosis sinus cavernous
Sinus cavernous adalah kondisi yang sangat jarang terjadi. Kondisi ini merupakan komplikasi dari penyebab jerawat di dalam hidung. Pasalnya, kondisi ini terbentuk ketika furunkel di dalam hidung yang terinfeksi jerawat mulai menciptakan gumpalan darah di pembuluh darah besar yang terletak di dasar tengkorak Anda, atau sinus kavernosa. Nantinya gumpalan darah ini dapat menyumbat aliran darah antara hidung dan otak Anda.