Pantau kamtibmas di pasar besar, polisi pasang empat CCTV

id Plangka Raya, polisi pasang empat CCTV di Pasar Besar,Kepala Pos Polisi Pasar Besar Aipda Edi Suprianto

Pantau kamtibmas di pasar besar, polisi pasang empat CCTV

Anggota Polsek Pahandut yang berjaga di pos pol pasar besar Palangka Raya saat menunjukan CCTV yang mereka pasang di beberapa titik, Rabu (3/7/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Sektor Pahandut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memasang empat Closed Circuit Television (CCTV) yang fungsinya memantau keamanan dan ketertiban masyarakat yang berada di kawasan pasar besar. 

Kapolsek Pahandut AKP Rony Wijaya melalui Kepala Pos Polisi Pasar Besar Aipda Edi Suprianto mengatakan, pemasangan CCTV di empat titik yang ada di pasar tersebut adalah ide dari pihak pimpinannya sendiri. Apalagi sempat maraknya terjadi penyerangan yang dilakukan oleh para teroris dengan cara bom bunuh diri serta lain sebagainya yang terjadi di luar Provinsi Kalteng. 

"Pemasangan CCTV di empat titik dikawasan pasar besar Palangka Raya itu untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas serta hal-hal tindak kejahatan lainnya, agar bisa terpantau mulai Pos Polisi tersebut," kata Edi Suprianto, di Palangka Raya, Rabu. 

Ia menjelaskan, dengan adanya CCTV yang pihaknya pasang untuk menjaga kamtibmas di kawasan pasar besar tersebut, tentu tidak mengurangi jadwal anggota melaksanakan patroli dengan mengelilingi sejumlah kawasan pasar besar yang mereka anggap rawan terjadi tindak kriminalitas. 

Tidak hanya itu, beberapa keberadaan CCTV ini juga sangat membantu pengunjung pasar yang sering kali ketika sedang asik berbelanja, anak yang dibawanya ke pasar hilang dari pantauan orang tuanya.   

"Misalnya apabila ada orang tua kehilangan anaknya saat berkunjung ke pasar, kami membantu mengumumkan hal tersebut melalui alat pengeras suara yang ada di pos pol tersebut. Alhasil dengan memantau melalui CCTV tersebut dan menggunakan alat pengeras suara pos pol, pihaknya bisa menemukan antara orang tua dan anak yang hilang," ucapnya. 

Kemudian itu fungsi CCTV itu juga berfungsi untuk aksi pencurian, bencana kebakaran yang sering sekali menghantui para pedagang. Sebab semrawutnya aliran listrik milik pedagang yang terbentang tidak teratur hingga bertumpuk, yang bisa mengakibatkan korselting listrik. 

Bahkan tidak satu atau dua kali kawasan tersebut terjadi kebakaran, alhasil penyebabnya rata-rata karena korselting listrik yang selama ini umurnya terbilang tua dan tidak pernah diremajakan oleh pemilik bangunan toko yang berada di pasar besar. 

"Kami juga selalu mengimbau mengenai hal tersebut. Namun apabila imbauan kami tidak digubris, maka kami tidak bisa menekan para pedagang mengenai hal tersebut," tandasnya.