Ratusan peserta ikuti lomba burung berkicau Barut

id lomba burung, burung berkicau, PDAM Cup

Ratusan peserta ikuti lomba burung berkicau Barut

Direktur PDAM Barito Utara Agus Surjanto (baju putih) membuka secara resmi lomba burung berkicau PDAM Cup I Barito Utara, di halaman GOR Bulu Tangkis Jalan Pramuka Muara Teweh, Minggu. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Ratusan peserta mengikuti kontes atau lomba burung berkicau PDAM Cup I Barito Utara, Kalimantan Tengah di halaman GOR Bulu Tangkis Jalan Pramuka kota setempat, Minggu.

Lomba kicau burung ini pesertanya selain dari Barito Utara (Barut) juga dari Palangka Raya, Puruk Cahu, Buntok, Tamiyang Layang, Ampah serta Amuntai dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kelas yang dilombakan di antaranya Kacer A dan B, LB Dewasa, LB Balibu A dan B, Campuran Bebas, Murai Batu A dan B, Cucak Hijau A dan B, Kenari dan LB Dewasa yang dibagi beberapa kelas yakni Executif, PDAM, Favorit, Sejati dan Bintang.

Direktur PDAM Barito Utara Agus Surjanto mengatakan lomba burung bakicau dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Barito Utara didukung Polres Barito Utara dan Kodim 1013 Muara Teweh serta para pecinta burung.

Selain itu kata Agus Surjanto, ingin menunjukan kepada masyarakat tentang keindahan dan mengenal lebih dekat jenis burung yang ada. Kegiatan ini rencana akan jadi ajang tahunan agar peminatnya tambah banyak lagi dan dia harapkan tim juri dalam penilaian harus benar-benar sportif dan jangan sampai ribut.

"Para juara nantinya akan memperebutkan uang tunai dan trophy serta berbagai doorprize," katanya.

Agus memberi contoh pengalaman, jangan sampai orangnya yang ribut bukan malah burungnya yang ribut, peserta harus diam dan mendengarkan dengan baik burungnya berkicau.

"Kita berharap kegiatan ini juga dapat menyatukan komunitas ini dalam bentuk silaturrahmi sehingga komunitas ini bisa memberi pembelajaran bagi masyarakat bahwa burung harus dipelihara, agar menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata Agus.