Arkeolog temukan bengkel tembikar berusia 4.500 tahun

id arkeolog Mesir,bengkel tembikar berusia 4.500 tahun

Ilustrasi. (Pixabay/PublicDomain Archive)

Kairo (Antaranews Kalteng) - Para arkeolog Mesir menemukan bengkel tembikar dari era sekitar 4.500 tahun lalu, temuan langka yang memberikan kilasan kehidupan sehari-hari warga ribuan tahun lalu.

Penemuan yang mencakup roda batu pemutar alat pembuat tembikar tersebut dibuat dekat dengan kota selatan Aswan saat pembangunan di sekitar Kuil Kom Ombo di tepi Sungai Nil, kata Kementerian Barang Antik Mesir.

Menurut pernyataan kementerian, bengkel ini dibangun selama Dinasti Keempat Mesir kuno (antara 2613 hingga 2494 SM), pada periode yang sama saat piramida terkenal Giza dibangun.

"Ini salah satu penemuan langka yang mengungkapkan kehidupan sehari-hari, kegiatan industri dan perkembangan seni di Mesir kuno," kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Barang Antik Tertinggi Mesir, dalam pernyataan tersebut.

Waziri mengatakan penemuan itu menunjukkan peningkatan dan adaptasi peralatan selama periode ketika orang menanggapi tuntutan kehidupan sehari-hari, demikian menurut siaran Kantor Berita AFP.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar