Minuman yang cocok gantikan kopi Anda

id Cokelat,coklat panas,greentea,kopi,minuman,Matcha

Minuman yang cocok gantikan kopi Anda

Ilustrasi Matcha (pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Kopi adalah salah satu minuman yang sangat disukai di seluruh dunia. Sebab, kopi dapat memberi Anda energi dan menjauhkan kantuk. Meski demikian, meminum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Bahkan memicu ketidaksuburan pada wanita, serangan jantung, gangguan pencernaan, sakit kepala dan lainnya.

Menurut ahli, asupan kafein harian tidak boleh melebihi 400 mg atau empat cangkir per hari. Minum kafein secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis kafein seperti mual, pusing, gelisah, jantung berdebar berkeringat dan lainnya.

Sebenarnya ada beberapa minuman yang memiliki fungsi sama dengan kopi. Berikut ini adalah lima minuman yang bisa Anda coba.


1. Kopi akar dandelion
Jika Anda menyukai rasa kopi dan mencari alternatif minuman sehat, kopi akar dandelion adalah pilihan terbaiknya. Minuman ini mengandung vitamin A, B, C dan D, zat besi, kalsium, dan magnesium yang membuatnya menjadi minuman yang lebih bergizi daripada kopi. Kalsium dan magnesium hadir dalam kopi akar dandelion diperlukan untuk produksi energi.

2. Matcha green tea
Matcha green tea disajikan dalam bentuk teh bubuk hijau. Matcha green tea adalah bentuk terkonsentrasi teh hijau yang memberi Anda antioksidan, klorofil dan serat. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit jantung, memerangi kanker dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2. Minuman ini juga memberi Anda cukup kafein dan meningkatkan energi sehingga kantuk pergi. 

3. Teh kunyit
Teh kunyit mengandung bahan aktif di dalamnya yang disebut kurkumin dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Teh kunyit membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, gejala radang sendi, mencegah kanker, alzheimer dan lainnya. Orang yang menderita kerusakan hati dan batu empedu harus memasukkan minuman ini dalam makanan mereka.

4. Cokelat panas
Minuman ini meningkatkan energi dan sangat bagus untuk memulai hari. Cokelat panas mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide, fungsinya membantu dalam menjaga kesehatan mental bahkan memicu kebahagiaan. Cokelat juga merupakan sumber magnesium yang membuat kita tetap aktif.

5. Maca panas
Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap sebagai makanan super. Maca ini biasanya digunakan untuk membuat latte dan smoothie. Maca memberi Anda energi dan membantu dalam mengelola hormon. Ini merupakan minuman alternatif yang sehat untuk mengganti kopi, demikian seperti dilansir Boldsky.