Ini manfaat dibangunnya TPS 3R di Kelurahan Padang Sukamara

id TPS 3R di Kelurahan Padang Sukamara,Sukamara,Wakil Bupati Sukamara KH Ahmadi ,Ini manfaat dibangunnya TPS 3R di Kelurahan Padang Sukamara

Wakil Bupati sukamara H Ahmadi AH saat menandatangani prasasti peresmian TPS 3R Kelurahan Padang di Sukamara, Kamis (22/11/18). (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal Abidin).

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Dalam pembangunan TPS 3R merupakan konsep penanganan sampah dengan cara reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang) sampah, sehingga kedepan bisa benar-benar dimanfaatkan warga Kelurahan Padang, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS 3R) benar-benar menjadi sarana utama untuk mengurangi timbunan sampah, diantaranya untuk menjalankan program kampung iklim melalui shodaqoh sampah kota Sukamara," kata Wakil Bupati Sukamara, KH Ahmadi, Kamis.

Ahmadi mengatakan, keluaran dari pembangunan TPS 3R ini selain terciptanya lingkunganbersih, indah, asri dan lestari juga meningkatkan ekonomi masyarakat maupun daerah, dengan melalui pemberdayaan masyarakat, kaum perempuan dan ibu-ibu rumah tangga diantaranya melalui program PKK, GOW dan Dharma Wanita Persatuan serta khususnya KSM (kelompok swadaya masyarakat) yang mengelola TPS 3R Permata Sukma yang dapat menghasilkan pendapatan bagi kesejahteraan pengurusnya

Baca juga: Bupati Sukamara dorong kemandirian ekonomi berbasis lokal

"Diharapkan dengan keberadaan TPS 3R Permata Sukma ini dapat menjadi alat pemacu semua pihak, terutama bagi generasi muda, sehingga semakin banyak orang- orang yang peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah skala rumah tangga," kata Ahmadi.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat dan menginstruksikan kepada SOPD terkait dalam beberapa hal sebagai berikut, kepada masyarakat kota Sukamara agar mensukseskan dan mendukung keberadaan TPS 3R Permata Sukma dengan cara ikut berpartisispasi mengelola sampah rumah tangga, di shodaqohkan ke TPS 3R atau bank sampah, atau menjadi penerima manfaat.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi melaksanakan kegiatan penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah di Kabupaten Sukamara," demikian Ahmadi.
 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar