Ratusan calon jamaah haji Barito Utara ikuti tes kebugaran

id tes kebugaran caloh jamaah haji barut,calon haji barito utara,wakil bupati barito utara

Ratusan calon jamaah haji Barito Utara ikuti tes kebugaran

Wabup Sugianto Panala Putra didampingi Sekda Barito Utara Jainal Abidin Dan Plt Kadis Kesehatan H Siswandoyo melepas tes kebugaran bagi 122 CJH setempat di Muara Teweh, Minggu pagi. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Sebanyak 122 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Barito Utara, Kalteng,  mengikuti  tes kesehatan (tes kebugaran) tahap I.

Tes kesehatan tahap pertama ini salah satunya dengan berlari kecil sejauh 1,6 kilometer dilepas Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Sekda  H Jainal Abidin dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo di halaman kantor bupati setempat di Muara Teweh, Minggu. 
    
Tes kebugaran lari atau berjalan dengan jarak yang hampir sama dengan jarak tawaf dan sai sewaktu menjalankan ibadah haji nantinya. Selain itu mereka juga juga mengikuti senam kebugaran agar siap fisik menjelang keberangkatan hingga tiba. 
    
Plt  Kepada Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo mengatakan, tes kebugaran calon jemaah haji, bertujuan untuk mengetahui status kebugaran calon jemaah haji sejak awal. 
    
"Berdasarkan pemeriksaan awal, sementara dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni kelompok sehat, sedang dan kelompok resiko tinggi," katanya. 
    
Siswandoyo menambakan, tes ini dimaksudkan juga untuk membina kesehatan calon jemaah haji, berlatih apabila ada yang ditemukan kurang bugar supaya tetap berolahraga dan saat menjalankan ritual haji di tanah suci tetap fit dan sehat. 
    
"Dan apabila ada kelainan bisa juga petugas kesehatan haji dapat memberikan perhatian khusus," ucapnya. 
    
Sementara Wabup Sugianto Panala Putra berharap melalui cek kesehatan ini, calon jamaah haji Barito Utara bisa selalu sehat walafiat baik dari berangkat hingga pulang kembali Ke Tanah Air.    
    
"Tes kebugaran bertujuan untuk menyiapkan fisik calon haji, agar sehat dan prima.Sehingga pelaksanaan rukun Islam kelima itu berjalan dengan baik, dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.