Warga Muara Teweh lihat fenomena awan 'Vega'

id awan vega muara teweh,fenomena awan vega di barito utara,bmkg barito utara

Warga Muara Teweh lihat fenomena awan 'Vega'

Fenomena awan Vega yang terlihat di kawasan perumahan Bandara Beringin Muara Teweh, Minggu (31/3/2019) sore. (Jurnalisme warga)

Muara Teweh (ANTARA) - Sejumlah warga Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, melihat fenomena alam berupa awan Vega  yang terlihat jelas pada Minggu (31/3) pukul 16.55 WIB.

"Awan berwarna itu terlihat jelas pada sore hari menjelang senja," kata Elpi Elpanop warga Muara Teweh, Minggu.

Pada sore ini sejumlah warga tampak mengamati awan yang warnanya bercampur antara merah, kuning, biru dan hitam yang terlihat di wilayah Kota Muara Teweh dan sekitarnya di sebelah barat.

Bahkan banyak orang mengirimkan gambar fenomena awan ini ke media sosial.Selain warga Muara Teweh awan Vega ini juga terlihat oleh warga  diantaranya di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan dan Malawaken Kecamatan Teweh  Baru.
Fenomena awan Vega yang terlihat di kawasan Bundaran Buah Muara Teweh, Minggu (31/3/2019) sore. (Jurnalisme warga)

Sayangnya saya hanya mengambil gambar dengan kamera telepon seluler dari depan dan belakang rumah sehingga hasilnya kurang bagus," kata warga Jalan Simpang Stadion Muara Teweh ini.

Warga lainnya Dayat Salikin  mengatakan di kawasan tempat tinggalnya fenomena awan ini juga terlihat jelas.

"Fenomena awan ini juga sempat menjadi perhatian warga, karena termasuk kejadian langka terlihat sekitar 25 menit," kata Dayat warga Jalan Langsat ini. 

Pelaksana harian Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Barito Utara Sunardi menjelaskan fenomena awan vega ini merupakan hal biasa yang terjadi akibat pembiasan cahaya matahari karena ada partikel air  yang menyinari langsung  awan tertentu yakni awan cumulunimbus (Cb).

"Sinar matahari tertutup awan Cb, sehingga menimbulkan bias cahaya awan berwarna dan kejadiannya ini memang sering terjadi terutama saat sore hari menjelang matahari dan biasanya akan turun hujan," kata Sunardi yang juga menjabat Kepala Kelompok Teknisi BMKG Barito Utara ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar