Gubernur minta generasi muda di Kalteng teladani sosok BJ Habibie

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, gubernur, sugianto sabran, presiden ri ketiga, bj habibie, berbela sungkawa, duka cita, indonesia, pahlaw

Gubernur minta generasi muda di Kalteng teladani sosok BJ Habibie

Tampilan patung Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie memegang pesawat yang masih dalam tahap pembangunan di Isimu, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Patung yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo tersebut terbuat dari perunggu, mengenakan pakaian adat Gorontalo Takowa dan berada tepat di depan Bandara Djalaludin Gorontalo. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aa.

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta kepada masyarakat khususnya generasi muda, untuk bisa meneladani sosok BJ Habibie yang memiliki begitu banyak capaian prestasi semasa hidupnya.

"BJ Habibie merupakan sosok yang sangat istimewa, beliau bahkan mampu menciptakan pesawat. Kami pun berharap, akan ada Habibie-Habibie lainnya, yakni generasi muda yang penuh prestasi dan bisa mengikuti jejak sukses beliau," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Presiden ketiga Republik Indonesia itu dinilai sebagai seorang genius, terlebih dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari penelusuran berbagai sumber, setidaknya ada tiga jenis pesawat yang berhasil ia ciptakan semasa hidupnya.

Yakni jenis R80 yang dilengkapi teknologi fly by wire dengan pemanfaatan signal elektronik dalam instruksi penerbangan, juga jenis N-250 merupakan pesawat penumpang sipil regional. Ia juga berperan dalam mendesain pesawat Hercules C-130 yang menjadi pesawat angkut militer.

"Tentu kami turut berduka atas wafatnya beliau, karena negara harus kehilangan sosok seorang tokoh yang begitu luar biasa dan benar-benar layak menjadi panutan atau teladan bagi masyarakat," ungkapnya.

Untuk itulah, salah satu prioritas pembangunan Pemprov Kalteng saat ini adalah bidang pendidikan. Sebab pihaknya ingin meningkatkan daya saing dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kalteng.

Berbagai dukungan yang telah diberikan pemprov di bidang pendidikan, yakni peningkatan sarana dan prasarana di sekolah, baik di perkotaan maupun tentunya di pelosok perdesaan. Pihaknya ingin kualitas pendidikan di seluruh kabupaten dan kota benar-benar merata.

"Sehingga generasi muda yang Kalteng miliki benar-benar handal dan siap bersaing dengan siapa pun. Juga mampu tampil dan berbicara banyak di tingkat nasional maupun internasional, mengharumkan nama Kalteng maupun Indonesia," ucapnya.

Menindaklanjuti arahan pemerintah pusat mengenai hari berkabung nasional sebagai penghormatan kepada Presiden RI ketiga BJ Habibie, Pemprov Kalteng juga mengibarkan bendera negara setengah tiang hingga 14 September 2019 mendatang.